Strategi Mengenali Potensi dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital

Authors

  • Fery Citra Febrianto Unpam
  • Juitania . Unpam
  • Lia Ira Sahara Unpam

DOI:

https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v3i3.p36-41.26116

Abstract

Upaya meningkatkan kualitas SDM, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui pendidikan karena pendidikan adalah upaya terukur dan terencana yang di dalamnya terdapat proses bimbingan dan pembelajaran bagi setiap individu supaya tumbuh dan berkembang menjadi insan yang berdikari, kreatif, berilmu dan berwawasan, bertanggung jawab, berbudi pekerti mulia, dan sehat baik jasmani atau rohani. Pada kenyataannya masih cukup tingginya biaya pendidikan di Indonesia terutama untuk pendidikan di jenjang perguruan tinggi, masih banyak generasi bangsa yang mengalami kendala dalam mendapatkan pendidikan tersebut. Adakalanya mereka tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan segala keterbatasan yang ada. Selain itu, ada juga sebagian dari mereka yang sebenarnya sedang menempuh pendidikan tersebut, namun terancam kandas di tengah perjalanan karena masalah finansial terlebih lagi di masa pandemi sekarang ini. Sejak memasuki dekade kedua abad ke 21, perkembangan industri digital di seluruh dunia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Sebagai gambaran, Data reportal melaporkan bahwa saat ini tidak kurang dari 60% populasi manusia di bumi atau sekitar 4,6 miliar orang sudah menggunakan internet setiap harinya. Pengaruh industri digital pada akhirnya turut berdampak ke semua lini industri, termasuk industri kreatif dan industri riil, seperti bisnis retail dan makanan. Hal ini menjadi pertanda kuat dari kemunculan era ekonomi digital yang mungkin akan mencapai puncaknya dalam beberapa tahun ke depan. Dari sudut pandang ekonomi makro, perkembangan ekonomi digital pun memberi dampak besar terhadap kondisi ekonomi global secara keseluruhan. Hal ini tidak lepas dari pertumbuhan arus perdagangan internasional dan aliran modal yang kian deras. Sementara itu, dari sudut pandang ekonomi mikro, persaingan di era ekonomi digital menjadi kian sengit karena siapa pun kini bisa ikut bersaing di dalamnya.

References

Aliyyah, R. R., Rosyidi, U., & Yazid, R.

(2019, March). An Evaluative Study of

an Education Scholarship Program

(BidikMisi) for Students in Indonesia.

In Journal of Physics: Conference

Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012171).

IOP Publishing.

Beech, S. E. (2014). Why place matters:

Imaginative geography and international

student mobility. Area, 46(2), 170-177.

Beech, S. E. (2015). International student

mobility: The role of social

networks. Social & Cultural

Geography, 16(3), 332-350.

Bettie, M. (2019). Exchange diplomacy:

theory, policy and practice in the

Fulbright program. Place Branding and

Public Diplomacy, 1-12.

Campbell, A. C. (2017). How international

scholarship recipients perceive their

contributions to the development of

their home countries: Findings from a

comparative study of Georgia and

Moldova. International Journal of

Educational Development, 55, 56-62.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan (2020). Buku Panduan

Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.

Eddy, P. L. (2014). Faculty as border

crossers: A study of Fulbright

faculty. New Directions for Higher

Education, 2014(165), 19-30.

Emmerson, D. K. (2014). Facts, Minds, and

Formats: Scholarship and Political

Change in Indonesia. In Producing

Indonesia (pp. 267-282). Cornell

University Press.

Hall, T., Gray, T., Downey, G., Sheringham,

C., Jones, B., Power, A., & Truong, S.

(2016). Jafari and Transformation: A

model to enhance short-term overseas

study tours. Frontiers: The

Interdisciplinary Journal of Study

Abroad, 27, 33-46.

Mawer, M. (2017). Approaches to

analyzing the outcomes of international

scholarship programs for higher

education. Journal of Studies in

International Education, 21(3), 230-

Meutia (2021). Konstruktivisme dalam

Pembelajaran. Workshop Pelatihan

PEKERTI, Serang, 4-9 Mei 2021.

Perna, L. W., Orosz, K., Gopaul, B.,

Jumakulov, Z., Ashirbekov, A., &

Kishkentayeva, M. (2014). Promoting

human capital development: A typology

of international scholarship programs in

higher education. Educational

Researcher, 43(2), 63-73

Downloads

Published

2022-12-05