Laporan Akhir Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Akademik 2021/2022 Pengelolaan Limbah Masker Melalui Bank Sampah Menuju Zero Waste Untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v3i3.p63-68.26120Abstract
Pengelolaan sampah adalah pengumpulan, pengangkutan, pemrosesan, daur ulang, atau pembuangan dari material sampah. Kalimat ini biasanya mengacu pada material sampah yang dihasilkan dari kegiatan manusia, dan biasanya dikelola untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan, lingkungan, atau estetika. Pengelolaan sampah juga dilakukan untuk memulihkan sumber daya alam (resourcesrecovery). Pengelolaan sampah bisa melibatkan zat padat, cair, gas, atau radioaktif dengan metode dan keterampilan khusus untuk masing-masing jenis zat. Pengelolaan sampah yang tidak berbahaya dari pemukiman dan institusi di area metropolitan biasanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, sedangkan untuk sampah dari area komersial dan industri biasanya ditangani oleh perusahaan pengolah sampah. Metode pengelolaan sampah berbeda-beda tergantung banyak hal, di antaranya tipe zat sampah, lahan yang digunakan untuk mengolah, dan ketersediaan lahan. Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan yang berorientasi pada kepedulian terhadap lingkungan yang berawal dari keperihatinan kami terhadap pencemaran sampah dan pengolah sampah medis akibat pandemic covid 19 organik.Masalah sampah tidak pernah lepas dari kehidupan manusia, setiap manusia akan menghasilkan sampah setiap harinya terutama di negara Berkembang, yang sebagian besar masyarakatnya belum sadar akan ancaman sampah bagi kelestarianlingkungan. Meskipun sampah sering kali menjadi masalah, namun tak dapat dipungkiri bahwa adanya sampah dapat dijadikan sebagai tanda-tanda kehidupan dan perekonomian masyarakat disektiranya, Oleh karena itu, dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat kami berkeinginan untuk andil serta mengajak masyarakat memanfatkan sampah limbah medis masker sekalipakaimenjadi barang ekonomis yang bermanfaat bagi masyarakat.References
Bentele, G. and Seidenglanz, R. 2008, “Trust
and credibility: prerequisites for
communication managementâ€, in
Zerfass, A., van Ruler, B. and
Sriramesh, K. (Eds), Public
Relations Research: European and
International Perspectives and
Innovations, Vol 12 pp. 49-62.
Burmann, C. and Zeplin, S. 2005, "Building
brand commitment: A behavioural
approach to internal brand
management", Journal of Brand
Management, Vol. 12 No. 4, pp.279–
Choi, C. J., Eldomiaty, T. I., dan Kim, S. W.
“Consumer Trust, Social
Marketing and Ethics of Welfare
Exchange†Journal of Business Ethics
(2007) 74:17–23.
Clark, R.M., 1978. Analysis of Urban Solid
Waste Services: A Systems Approach.
Ann Arbor Science, Ann Arbor,
Michigan, USA.
Donaldson, T.: 2003, Editor’s Comments:
Taking Ethics Seriously – a Mission
Now More Possible, Academy of
Management Review Vol 28, 363–366.