Pelatihan Komunikasi Efektif Dalam Peningkatan Pelayanan Masyarakat di Kelurahan Rengas
Abstract
Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri
Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut
keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan
penerapan keilmuan kepada masyarakat.
Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pelatihan ceramah, diskusi dan latihan
dasar. Adapun tujuan dari pengabdian ini : 1) Meningkatkan kemampuan pegawai Kelurahan Rengas
untuk memahami bagaimana komunikasi dibangun dalam suatu organisasi seingga akan berdampak paa
kelancaran pelayanan, 2) Meningkatkan pemahaman peserta pelatihan akan kemampuan untuk
membangun komunikasi verbal dan non verbal dan 3) Bagaimana mengelola emosi secara positif untuk
membangun komunikasi efektif antar anggota organisasi. Tim pelaksana kegiatan pengabdian pada
masyarakat adalah dosen Fakultas Ekonomi jurusan manajemen sebanyak 3 orang. Tim pengabdian
memberikan materi Pelatihan Komunikasi Efektif Dalam Peningkatkan Pelayanan Masyarakat
Kelurahan Rengas.
Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah terlaksananya pelatihan komunikasi efektif bagi
para pegawai Kelurahan. Peserta diharapkan dapat menjadi komunikator yang lebih efektif dan dapat
menghadapi situasi komunikasi yang kompleks dengan lebih percaya diri
Kata Kunci : Pelatihan, Komunikasi Efektif, Gaya Komunikasi