Era Digital Marketing 5.0 Bagi Pelaku Usaha UMKM

Authors

  • Fadillah Universitas Pamulang
  • Krisnaldy Universitas Pamulang
  • Waluyo Jati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v4i3.p57-67.39058

Keywords:

Digitalisasi, Marketing

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan kegiatan yang mencakup upaya-upaya
peningkatan kualitas para pelaku usaha UMKM diantaranya pelaksanaan pengalaman ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni budaya kepada masyarakat secara kelembagaan. Tujuan dari
pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk melaksanakan salah satu kewajiban dari Tri Dharma
Perguruan Tinggi, dengan tujuan utamanya adalah untuk memberikan gambaran strategi yang dapat
dilakukan dalam upaya melakukan pemetaan pengetahuan mengenai. Memotivasi para pelaku usaha
mikro dalam perencanaan usaha UMKM, Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat
ini keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar dalam pengembangan dan
penerapan keilmuan di Masyarakat.
Digital marketing merupakan suatu bentuk program mempromosikan atau memasarkan sebuah
produk dan merk dengan menggunakan media digital. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi
dan juga pengguna internet sehingga internet menjadi sebuah market yang sangat prospektif. Digital
marketing merupakan solusi untuk menjangkau pelanggan lebih banyak dengan dana yang sedikit.
Kehadiran teknologi saat ini merupakan peluang bagi para siswa untuk menumbuhkan jiwa wirausaha
dengan gadget yang dimiliki akan menjadi pemasaran yang paling ampuh dalam menggapai pangsa
pasar konsumen yang lebih luas. Oleh Karena itu berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin
mengetahuai seberapa pengarunya terhadap minat berwirausaha karena pengetahuan digital marketing
(Istiqomah, 2021).
Bekal yang di dapat oleh pelaku usaha UMKM selama proses pelatihan digital marketing
diharapkan mampu meningkatkan jumlah wirausaha. Sehingga, pelaku usaha lebih mandiri dan mampu
menghadapi para pesaing di masa depan (Munarsih, n.d.). Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia
mengalami kenaikan secara signifikan dari tahun ke tahun, hingga telah mencapai lebih dari 130 juta
pengguna di tahun 2017, yang didominasi oleh pengguna internet melalui perangkat mobile daripada
desktop pc. Pelatihan digital marketing membantu pelaku usaha untuk memahami implementasi digital
marketing yang paling efektif dan efisien atau selaras dengan tujuan bisnis yang diharapkan. Digital
marketing tidak lagi menjadi sesuatu yang membingungkan, karena semua yang dilakukan dapat
dijalankan sendiri dan diukur kinerjanya. Dari hasil analisa tersebut, para pelaku usaha yang mengikuti
pelatihan digital marketing dapat belajar untuk melakukan perubahan yang lebih baik dalam
berwirausaha. Metode kegiatan yang akan dilakukan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat
ini adalah Ceramah dan Diskusi yang disampaikan Oleh Dosen Manajemen Universitas Pamulang, dan
memberikan pemahaman kepada Masyarakat dan Mahasiswa atas pentingnya digital marketing 5.0 bagi
pelaku usaha UMKM. Dengan adanya penyampaian materi ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat
luas.

References

Astuti, W., Pasaribu, V. L. D., Oktrima, B., Saputra, H., & Rusilowati, U. (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Peningkatan Kompetensi. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 3(1), 22-29.

Elburdah, R. P., Pasaribu, V. L. D., Rahayu, S., Septiani, F., & Metarini, R. R. A. (2021). Mompreneur penopang perekonomian keluarga di masa pandemi Covid-19 dengan bisnis online pada Kelurahan Pondok Benda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75-82.

Pasaribu, V. L. D., Elburdah, R. P., Sudarso, E., & Fauziah, G. (2020). Penggunaan Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di Smp Araisiyah. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1), 84.

Pasaribu, V. L. D., Syafei, A. N., Farhan, A., Aufaizah, A., Irani, C., & Firtiayani, S. R. (2021). Pengaruh Displin Protokol Kesehatan Terhadap Pencegahan Penularan Virus Covid-19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 91-98.

Pasaribu, V. L. D., Susanti, F., & Hartuti, E. T. K. (2019). Memotivasi Siswa dan Siswi SMK Letris Indonesia di Dalam Menentukan Pilihan Untuk Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 161-172.

Pasaribu, V. L. D., & Agrasadya, N. S. Krisnaldy.(2020). Meningkatkan Produktivitas Usaha Dimasa Pandemi Pada Ibu PKK RT 004/003 Kelurahan Sawah Baru Ciputat, Tanggerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177-180.

Pasaribu, V. L. D., Dwiyatni, A., Sabina, C., Ridwan, M., Gunawan, D. D., & Noviani, B. C. (2021). Evaluasi Penerapan 3M Dimasa Pandemic Covid 19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 54-60.

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-9.

Pasaribu, V. L. D., & Agrasadya, N. S. Krisnaldy.(2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177-180.

Pasaribu, V. L., Yuniati, H. L., Pratana, R., Sembayu, R., Purba, S. M., & Nurbayani, T. T. (2021). Manajemen Keuangan untuk Menghadapi dan Bertahan di Era Covid-19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 12-18.

Downloads

Published

2024-04-29