Penguatan Motivasi UMKM Dengan Pengembangan Karakter Dan Keterampilan
Abstract
Peningkatan daya saing pada UMKM harus secara bertahap artinya peningkatan daya saing
dimulai dengan upaya memenangkan persaingan. Untuk mengetahui berbagai kondisi daya
saing UMKM, maka diperlukan bentuk pembinaan yang berkesinambungan, guna
meningkatkan taraf kehidupan bagi UMKM di tanah air. Orientasi dan fokus pemberdayaan
UMKM perlu ditingkatkan, pemberdayaan tersebut antara lain memberikan kemudahan
akses dalam fungsi perusahaan dan memberikan fasilitasi pendukung, agar UMKM benarbenar mampu menerapkan kaidah umum yang berlaku dalam perekonomian secara
konsisten dan konsekuen serta berdaya guna. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah
melakukan jaringan usaha yang kuat. Jaringan Usaha merupakan salah satu faktor penting
dalam bisnis UMKM untuk meningkatkan skala ekonomi, pengelolaan bisnis yang efisien
dan memperluas pangsa pasar. UMKM yang memiliki jaringan usaha yang kuat akan
menjadi modal untuk dapat melaksanakan kegiatan operasinya secara efektif dan efisien,
sehingga jaringan usaha juga dapat menjadi modal daya saing perusahaan.
Kata Kunci: Daya Saing, Jaringan Usaha