Peran Digital Marketing Dalam Era Globalisasi Dilingkungan Kelompok PKK Kelurahan Pamulang Barat

Authors

  • Veta Lidya Universitas Pamulang
  • Tangguh Wijohandoko Universitas Pamulang
  • Bambang purnomo Universitas Pamulang
  • Muliahadi Tumanggor Universitas Pamulang

Keywords:

Digital, Marketing, Globalisasi

Abstract

Pemasaran merupakan elemen penting menjalankan sebuah bisnis. Banyak pelaku bisnisyang meluangkan waktunya untuk memikirkan metode pemasaran apa yang tepat agarbarang yang dijualnya laku di pasaran, karena sukses tidaknya bisnis bergantung pada
metode/ cara pemasaran apa dan bagaimana yang dilakukan oleh pelaku usaha khususnyapara pelaku UMKM. Masalah utama yang dihadapi Kelompok PKK ialah kurangnyapengetahuan dalam memasarkan baik secara konvensional (offline) maupun secaraonline,
khususnya e-commerce. Minimnya pengetahuan Kelompok PKK (Kelompok PKK)mengenai digital marketing menginspirasi tim pengabdian kepada masyarakat untukmenyampaikan sosialisasi dan memberikan pelatihan mengenai penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi ini. Jika pelakuKelompok PKK paham akan pentingnya digitalmarketing bagi peluang bisnis usaha, diharapkan mereka akan termotivasi untukmenggunakan digital marketing sebagai sarana komunikasi dan peluang bisnis untuk
usahanya, serta dapat mempraktikkannya secara langsung dengan memanfaatkan media sosial.

Author Biography

Veta Lidya, Universitas Pamulang

Pemasaran merupakan elemen penting menjalankan sebuah bisnis. Banyak pelaku bisnisyang meluangkan waktunya untuk memikirkan metode pemasaran apa yang tepat agarbarang yang dijualnya laku di pasaran, karena sukses tidaknya bisnis bergantung padametode/ cara pemasaran apa dan bagaimana yang dilakukan oleh pelaku usaha khususnyapara pelaku UMKM. Masalah utama yang dihadapi Kelompok PKK ialah kurangnyapengetahuan dalam memasarkan baik secara konvensional (offline) maupun secaraonline,
khususnya e-commerce. Minimnya pengetahuan Kelompok PKK (Kelompok PKK)mengenai digital marketing menginspirasi tim pengabdian kepada masyarakat untukmenyampaikan sosialisasi dan memberikan pelatihan mengenai penggunaan teknologiinformasi dan komunikasi ini. Jika pelakuKelompok PKK paham akan pentingnya digitalmarketing bagi peluang bisnis usaha, diharapkan mereka akan termotivasi untuk
menggunakan digital marketing sebagai sarana komunikasi dan peluang bisnis untukusahanya, serta dapat mempraktikkannya secara langsung dengan memanfaatkan media sosial.

References

(2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja Dan Iklim Organisasi Terhadap Motivasi Pegawai Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Semarak, 2(2), 164-183.

Priadi, Andri, et al. "PENYULUHAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN MEMPERKUAT BUDAYA ORGANISASI MELALUI PENINGKATAN VALUE PADA LEMBAGA PENGEMBANGAN MASYARAKAT KELURAHAN PONDOK BENDA KOTA TANGERANG SELATAN." Jurnal Lokabmas Kreatif: Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif 1.3 (2020): 97-105. Malayu S. P. Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. 2007. Bumi Aksara, Jakarta.

Marihot T. E. Hariandja. Manajemen Sumber Daya Manusia. 2007. Grasindo, Jakarta.

Pasaribu, V. L. D., Krisnaldy, K., & Warasto, H. N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi kasus kelurahan Pisangan Ciputat). Jurnal Disrupsi Bisnis: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(1).

Pasaribu, V. L. D., & Krisnaldy, K. (2020). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP HASIL KINERJA KARYAWAN KELURAHAN PISANGAN CIPUTAT. PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(1).

Stephen Robbins. P dan Timothy Judge A. Organizational Behavior. 2009. Prentice-Hall, New Jersey.

Sedarmayanti. Tata Kerja Dan Produktivitas Kerja. 2007. CV Mandar Maju, Bandung.

T. Hani Handoko. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia UGM. 2005. BPFE, Yogyakarta.

Veithzal Rivai dan Sylviana Murni. Education Management, Analisis Teori dan Praktek. 2009. Rajawali Pers, Jakarta.

Downloads

Published

2025-09-13

Issue

Section

Articles