Penyuluhan Pengenalan Strategi Pemasaran Digital untuk Generasi Z Di Sekolah Menengah
Keywords:
Literasi digital, Media sosial, Generasi, PengabdianAbstract
Penyuluhan pengenalan strategi pemasaran digital merupakan bagian dari Pengabdian KepadaMasyarakat yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada generasi Zdalam memanfaatkan teknologi digital untuk keperluan pemasaran. Kegiatan ini dilaksanakan diSMK Darussalam Ciputat dengan tema "Penyuluhan Pengenalan Strategi Pemasaran Digital untuk
Generasi Z di Sekolah Menengah". Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkansiswa tentang pentingnya pemasaran digital dalam dunia bisnis modern, serta memberikanpemahaman tentang bagaimana memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan produkatau layanan. Di tengah pesatnya perkembangan dunia digital, generasi Z yang akrab denganteknologi harus memiliki keterampilan dalam strategi pemasaran untuk menghadapi persaingan diera digital. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi pemaparan materi melalui presentasi mengenaipemasaran digital yang disesuaikan dengan kebutuhan generasi Z. Materi yang disampaikanmencakup dasar-dasar pemasaran digital, pengenalan alat-alat pemasaran seperti SEO, socialmedia marketing, serta cara membuat kampanye pemasaran yang efektif dan sesuai dengan trendigital saat ini. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari, dimulai dengan pembukaan,penyampaian materi oleh narasumber, hingga sesi tanya jawab yang mengundang partisipasi aktif
siswa. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa mengenai pentingnyapemasaran digital dan cara-cara praktis yang dapat diterapkan untuk mempromosikan produksecara online. Siswa juga menunjukkan antusiasme dalam mengimplementasikan pengetahuanyang diperoleh, seperti merencanakan konten pemasaran yang menarik di platform digital.Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan dengan membekaligenerasi muda dengan keterampilan pemasaran digital yang relevan dan memadai, sehingga dapat menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin digital
References
Pasaribu, V. L. D., Sulaiman, S., Sutiman, S.,
Thaharudin, T., & Purnomo, B. Y. (2020).
Pengenalan Letak Posyandu Terdekat
Dikelurahan Pisangan Dengan Manajemen
Pemasaran Revolusi 4.0 Untuk
Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat
Letak Dan Fungsi Posyandu Terdekat Pada
Kelurahan Pisangan. Dedikasi Pkm, 1(1),
105-110.
Pasaribu, V. D., Qomah, F. I., Sajida, S. R.,
Putri, D. O., Hidayat, M. K., & Senoaji, R.
DARING ATAU KEGIATAN TATAP
MUKA EFESIENSI MANA.
Pasaribu, V. L. D., & Agrasadya, N. S.
Krisnaldy.(2020). Meningkatkan
Produktivitas Usaha Dimasa Pandemi Pada
Ibu PKK RT 004/003 Kelurahan Sawah Baru
Ciputat, Tanggerang Selatan. Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177-
180.
Indriani, M., & Nugroho, Y. (2022).
Pemasaran Digital untuk Generasi
Z: Strategi dan Implementasi.
Jakarta: Penerbit Elex Media
Komputindo.

PUBLICATION ETHICS
FOCUS AND SCOPE
EDITORIAL TEAM
REVIEW PROCESS
CONTACT US
AUTHOR GUIDELINES



