Penyuluhan Membangun Jiwa Wirausaha Di Era Digital Pada SMKN 8 Tangerang Selatan

Authors

  • Widia Astuti Universitas Pamulang
  • Marsyanda Nuruz Zahra Universitas Pamulang
  • Muhamad gunawan Universitas Pamulang
  • Muhammad Daffa Putra Universitas Pamulang

Keywords:

Wirausaha, Era digital, Kewirausahaan

Abstract

Di era digital yang semakin berkembang, muncul peluang besar bagi generasi muda untukmenjadi wirausahawan kreatif dan inovatif. Penyuluhan ini dilaksanakan di SMKN 8 TangerangSelatan dengan tujuan membangun jiwa wirausaha siswa melalui pemanfaatan teknologi digital.Penyuluhan ini memfokuskan pada pengenalan konsep dasar wirausaha, potensi bisnis di era digital,serta penggunaan platform digital untuk pemasaran dan pengelolaan usaha. Metode yang digunakanadalah ceramah interaktif, simulasi, dan diskusi kelompok. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasmesiswa dalam memahami peluang bisnis berbasis digital serta peningkatan motivasi mereka untukmencoba usaha mandiri. Penyuluhan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menanamkanpola pikir kewirausahaan yang berkelanjutan di kalangan pelajar.

References

Pasaribu, V. L. D., Sulaiman, S., Sutiman, S.,

Thaharudin, T., & Purnomo, B. Y. (2020).

Pengenalan Letak Posyandu Terdekat

Dikelurahan Pisangan Dengan Manajemen

Pemasaran Revolusi 4.0 Untuk

Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat

Letak Dan Fungsi Posyandu Terdekat Pada

Kelurahan Pisangan. Dedikasi Pkm, 1(1),

105-110.

Pasaribu, V. D., Qomah, F. I., Sajida, S. R.,

Putri, D. O., Hidayat, M. K., & Senoaji, R.

DARING ATAU KEGIATAN TATAP

MUKA EFESIENSI MANA.

Pasaribu, V. L. D., & Agrasadya, N. S.

Krisnaldy.(2020). Meningkatkan

Produktivitas Usaha Dimasa Pandemi Pada

Ibu PKK RT 004/003 Kelurahan Sawah Baru

Ciputat, Tanggerang Selatan. Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177-

180.

Indriani, M., & Nugroho, Y. (2022).

Pemasaran Digital untuk Generasi

Z: Strategi dan Implementasi.

Jakarta: Penerbit Elex Media

Komputindo.

Downloads

Published

2025-12-03