PELATIHAN MANAGEMEN PEMASARAN DAN KEUANGAN PADA UMKM BANGKIT SEJAHTERA DUSUN KEDUNG BUWENG WUKIRSARI DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN

Authors

  • Khotimatus Sadiyah Universitas Pamulang
  • Wiwik Hasbiyah AN Universitas Pamulang
  • Liana Dwi Septiningrum Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v1i1.p36-49.5594

Abstract

Pemasaran merupakan elemen penting menjalankan sebuah bisnis. Banyak pelaku bisnis yang meluangkan waktunya untuk memikirkan metode pemasaran apa yang tepat agar barang yang dijualnya laku di pasaran, karena sukses tidaknya bisnis bergantung pada metode/cara pemasaran apa dan bagaimana yang dilakukan oleh pelaku usaha khususnya para pelaku UMKM. Pengabdian kepada masyarakat ini berjudul “Pelatihan Managemen Pemasaran dan Keuangan pada UMKM Bangkit Sejahtera Dusun Kedung Buweng Wukirsari Dalam Meningkatkan Perekonomianâ€.

Salah satu UMKM pada program kegiatan Pengbdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah UMKM Bangkit Sejahtera dusun Kedung Buweng Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri –Bantul. Pelaku usaha mengeluhkan masalah utama yang dihadapi mitra ialah kurangnya pengetahuan dalam memasarkan produknya baik secara konvensional (offline) maupun secara online, khususnya e-commerce dan permasalahan lainnya yaitu minimnya pengetahua tentang manajemen keuangan yang baik. Pemasaran yang dilakukan UMKM Bangkit Sejahtera pada umumnya menggunakan pemasaran offline yaitu dengan menjajakan produknya di warung-warung penduduk dusun Kedung Buweng. Minimnya pengetahuan tentang pemasaran produk berdampak pada rendahnya sales volume pada aktifitas penjualan yang berakibat pada penurunan omzet pelaku usaha UMKM Bangkit Sejahtera.

Berdasarkan permasalahan utama mitra yaitu kurangnya informasi manajemen pemasaran dan manajemen keuangan maka solusi yang ditawarkan kepada mitra ialah dengan memberikan 3 pelatihan yang terdiri dari pelatihan kegiatan pemasaran online, memberikan pelatihan kegiatan pemasaran offline, dan memberikan pelatihan manajemen keuangan. Dengan metode yang digunakan adalah ceramah, Tanya jawab, dan simulasi.

Adapun target luaran program ini adalah dapat membantu mitra bisnis/ pelaku UMKM Bangkit Sejahtera dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan pendapatan/ omset para pelaku bisnis. sehingga mitra bisnis yang memiliki modal tidak terlalu banyak dapat menggunakan modalnya secara efesien dan efektif dengan cara melakukan pemasaran/ marketing baik offline dan online secara tepat.

Kata Kunci: Manajemen, Pemasaran, Produk, Keuangan, UMKM

Downloads

Published

2020-06-16

Issue

Section

Articles