PELATIHAN PEMASARAN SYARIAH DALAM MERAIH KEBERKAHAN PADA USAHA SANTRIWAN SANTRIWATI DI YAYASAN ALKAMILAH SAWANGAN DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v1i2.p2-34.6370Abstract
Pengabdian masyarakat ini berjudul Pelatihan Pemasaran Syariah Dalam Meraih Keberkahan Pada Usaha Santriwan Santriwati Di Yayasan AlKamilah Sawangan Depok. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan pemasaran syariah bagi masyarakat khususnya santriwan santriwati di yayasan AlKamilah Sawangan Depok guna meraih keberkahan. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah dengan Pelatihan yang dirancang untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui rangkaian kegiatan identifikasi, pengkajian serta proses belajar yang terencana dengan 3 tahapan yaitu 1) Pengumpulan data dengan memberikan data wawancara kepada Santriwan santriwati keluhan dan kelemahan dalam memasarkan usaha secara syariah) 2). Pelatihan Pemasaran syariah dengan memberikan penyuluhan kepada Santriwan santriwati di yayasan Alkamilah. 3) Memberikan pendampingan Pelatihan pemasaran syariah dengan memberikan pelatihan kepada Santriwan santriwati di yayasan Alkamilah. Untuk mendukung hal itu diperlukan sebuah rencana kegiatan diantaranya adalah tahap persiapan yaitu dengan menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk melaksanan kegiatan pkm, studi literatur dan melakukan koordinasi dengan instansi lembaga yayasan terkait serta ketua yayasan khususnya. Tahap enentuan Lokasi, yaitu dengan melakukan kunjungan ke lokasi untuk menentukan tempat pendampingan dan pelatihan pemasaran syariah. Tahap Perancangan implemnetasi dan pengawasan melalui pelatihan pemasaran syariah yang dilakukan oleh 5 orang dosen pada usaha dagang santriwan santriwati di yayasan Alkamilah sawangan depok. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah peserta pengabdian sangat antusias terhadap pelatihan, hal ini ditunjukan dengan banyaknya antusiasme pertanyaan tentang proses pemasaran syariah dalam rangka mendukung aktifitas kegiatan usaha yang telah berjalan di yayasan Alkamilah baik melalui system kerjasama maupun system usaha mandiri.
Kata Kunci: Pemasaran Syariah, Berkah, Bauran Pemasaran