MANAJEMEN KREATIVITAS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT KELURAHAN PONDOK BENDA

Authors

  • Muliahadi Tumanggor Universitas Pamulang
  • Waluyo Jati Universitas Pamulang
  • Eti Ariyanti Universitas Pamulang
  • Gitayana Amalia Universitas Pamulang
  • Rino Dedi Aringga Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v2i1.p1-7.9849

Abstract

Manajemen Inovasi adalah kombinasi dari manajemen dari proses inovasi dan manajemen perubahan.Manajemen inovasi memungkinkan organisasi untuk menanggapi peluang eksternal atau internal dan menggunakan kreativitas untuk memperkenalkan ide-ide, proses, atau produk. Suatu organisasi agar bisa bersaing dengan organisasi lain maka perlu melalukan inovasi secara terus-menerus dalam berbagai aspek, baik produk, layanan, proses kerja, metode maupun lainnya. Salah satu modal untuk melakukan inovasi adalah adanya kreativitas. Keterkaitan antara keduanya yaitu kreativitas merupakan pengembangan ide-ide baru sedangkan inovasi adalah proses penerapan ide-ide tersebut secara aktual ke dalam praktek. Kreativitas merupakan interaksi antara potensi individu dengan lingkungan. Agar kreativitas berkembang di organisasi maka ada beberapa upaya yang dilakukan yaitu curah pendapat di dalam tim/kelompok kerja, gaya kepemimpinan yang mendorong kreativitas meliputi pengampilan keputusan partisipati, kepemimpinan transformasional, high exchange dan mengmbangkan kultur kreatif Supaya PKM ini tepat sasaran, maka perlu diperhatikan metode pelaksanaan PKM. Adapun metode pelaksanaan PKM ini adalah dengan cara: Dalam melaksanakan kegiatan PKM ini digunakan beberapa metode yaitu: 1. Metode Ceramah / Presentasi, 2. Metode Tanya Jawa. 3. Sharing Session. Tentang meningkatkan peran ibu rumah tangga dalam pengelolaan keuangan. Sharing session ini diberikan kepada para peserta guna mendorong membimbing masyarakat setempat kelurahan pondok benda. Adapun hasil dari PKM ini nantinya akan dievaluasi berdasarkan taraf penyelesaian materi pelatihan, dan selanjutnya tim kegiatan PKM akan melakukan evaluasi tersebut dengan mengamati dan memeriksa metode pelaksanaan yang sudah dirancang dan yang telah diberikan kepada masyarakat di kelurahan Pondok Benda sebagai peserta.

References

Elburdah, R. P., Pasaribu, V. L. D., Rahayu, S.,

Septiani, F., & Metarini, R. R. A. (2021).

MOMPRENEUR PENOPANG PEREKONOMIAN

KELUARGA DI MASA PANDEMI COVID-19

DENGAN BISNIS ONLINE PADA KELURAHAN

PONDOK BENDA. Abdi Laksana: Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75-82.

Iswandi dan Saiful Amiq, 2013,

“Manajemen Keuangan Keluarga Iâ€

Artikel Onlinine.

https://juraganmakalah.blogspot.com/2013

/03/manajemen-keuangan-keluarga-i.html

(Diakses Hari Selasa 6 Oktober 2020)

Kasmir (2010) , Pengantar Manajemen

Keuangan. Edisi Kedua, Penerbit: Kencana

Prenada Media Group, Jakarta.

Love Life Daily, 2020, “Manajemen

Keuangan bagi Lajang dan Keluarga

Baru di Era New Normal†Artikel Online

https://ilovelife.co.id/blog/manajemenkeuangan-bagi-lajang-dan-keluarga-barudi-era-new-normal/. (Diakses Hari Selasa 6

Oktober 2020)

Downloads

Published

2021-03-12

Issue

Section

Articles