PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM MEMOTIVASI PROSES KBM YANG KREATIF DAN INOVATIF KEPADA SISWA-SISWI SMK MUHAMMADIYAH PARAKAN PAMULANG TANGERANG SELATAN

Authors

  • Ana Septia Rahman Universitas Pamulang
  • Nindie Ellesia Universitas Pamulang
  • Lismiatun Lismiatun Universitas Pamulang
  • Abdul Azis Universitas Pamulang
  • Eka Rahim Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v2i1.p48-54.9856

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya di Universitas Pamulang.Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat ini penyampaikan materi secara verbal dalam pelaksanaan ini materi dalam penyuluhan berisi tentang bagaimana cara untuk mengetahui manfaat lain dari teknologi seperti komputer dan internet. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk siswa-siswi SMK Muhammadiyah Parakan Tangerang Selatan adalah kegiatan untuk mengatasi persoalan penyalahgunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar secara online. Penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar sangat bermanfaat bagi sekolah dan memanfaatkan teknologi komputer maupun internet sebagai media dalam pembelajaran dapat menambah motivasi belajar sisa-siswi serta memudahkan guru dalam membuat modul online. Ilmu yang diperoleh pada pengabdian masyarakat ini harapannya semakin memberikan wawasan mengenai pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar karena penggunaan teknologi dapat mempermudah guru dalam mengajar serta memotivasi siswa-siswi sehingga membuat mereka lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar pada SMK Muhammadiyah Parakan Tangerang selatan.

References

Pasaribu, V. L. D., Susanti, F., & Hartuti, E.

T. K. (2019). Memotivasi Siswa dan

Siswi SMK Letris Indonesia di Dalam

Menentukan Pilihan Untuk

Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja

Setelah Lulus Sekolah. Jurnal

Pengabdian Dharma Laksana, 1(2),

-172.

Pasaribu, V. L. D., Elburdah, R. P., Sudarso,

E., & Fauziah, G. (2020).

Penggunaan Manajemen Waktu

Terhadap Peningkatan Prestasi

Belajar Di SMP Araisiyah. Jurnal

ABDIMAS Tri Dharma

Manajemen, 1(1), 84-91.

Pasaribu, V. L. D., Oktrima, B., Prabowo, B.,

Arianto, N., & Haryoko, U. B. (2020).

Progam Pendampingan Dan

Penyelenggaraan Pendidikan Anak

Pada Usia Dini Terhadap Prestasi

Belajar Dilingkungan Rt 020 Rw 009.

Kel Giri Peni. Kec Wates.

Yogyakarta. Jurnal Lokabmas

Kreatif, 1(1), 71-75.

Purwa Atmaja Prawira, 2012, Psikologi

Pendidikan dalam Perspektif Baru.

Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana,

, “Pembelajaran Berbasis

Tekhnologi Informasi dan

Komunikasiâ€. Jakarta: PT Raja

Grafindo.

Sutrisno, Edy, 2014. Manajemen Sumber

Daya Manusia Cetakan Ke Enam.

Jakarta : Pranada Media Group.

https://smknl-pkp.sch.id/blog/pemanfaatanteknologi-pembelajaran-pada-siswa-belajardari-rumah/

https://yusrintosepuabdikarya.wordpress.co

m/2019/07/07/kreatif-dan-inovatif-dalampendidikan-dan-pengajaran/

https://ilmumanajemenindustri.com/pengert

ian-manajemen-persediaan-inventorymanagement-2/

Downloads

Published

2021-03-12

Issue

Section

Articles