PENDIDIKAN DAN PELATIHAN MEMBANGUN GENERASI MUDA YANG CERDAS EMOSIONAL DAN BERKARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v2i1.p93-99.9863Abstract
Pengabdian ini berjudul Membangun Generasi Muda Yang Cerdas secara Emosional dan Berkarakter. Kegiatan ini berlokasi pada komunitas Arimbin – Pondok Pucung, Tangerang Selatan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman maupun konselling (tanya jawab) terhadap anggota Arimbin, terkait dengan pengembangan Karakter dan juga bagaimana meningkatkan kecerdasan emosional secara individu. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu. 1) Tahapan pendahuluan dilakukan dengan cara merumuskan permasalahan dan juga menentukan rumusan pendekatan teori yang tepat yang berkaitan dengan objek Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). 2) Tahapan yang kedua adalah mengenai Sosialisasi program tersebut kepada objek PKM serta menentukan teknis dan juga pelaksanaan kegiatan tersebut. 3) Tahapan terakhir yaitu pelaksanaan kegiatan. Tahapan ini dilakukan setelah tahapan Pendahuluan dan Sosialisasi kepada Objek PKM dilakukan. Peserta mendapatkan materi mengenai pemahaman Kecerdasan Emosional dan juga bagaimana meningkatkan karakter kebaikan pada diri remaja. Hal tersebut setelah ada tanya jawab serta diskusi mengenai materi yang telah dipaparkan pada saat sesi jawab antar narasumber dengan peserta kegiatan.References
Nursari, & Hidayati. (2017). Hubungan Antara Kemampuan Numerik, Kecerdasan Emosi Dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan FisikaCOMPTON, 4(1), 80–90.
Saputra, S., Lestari, R. D., Milasari, M., & Solikhah, O. H. (2017). Analisis Karakter Remaja Gaul pada Hedonisme Vlog. Mediapsi, 03(01), 26–33. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2017.003.01.4
Situmorang, Z. R. D., Hastuti, D., & Herawati, T. (2016). Terhadap Karakter Remaja Perdesaan. Jurnal Ilmiah Kelekatan, Komunikasi Dan Karakter Remaja, 9(2), 113–123.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, I(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316