Adaptasi Usaha Rempeyek Merespon dampak Pademi Korona, dengan Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan penghasilan Usaha
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmab.v1i3.16769Abstract
Pandemi virus Corona memaksa kita semua untuk bisa bertahan dari segala macam cobaan, salah satunya ekonomi. Selama pandemi banyak masyarakat Indonesia yang terdampak, misalnya terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Dengan begitu penghasilan setiap bulannya pun terganggu.Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan kegiatan ekonomi, terutama yang terdampak kebijakan pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran virus korona jenis baru. Namun, di tengah kondisi seperti ini, ada saja peluang usaha baru yang bisa dimanfaatkan agar kegiatan usaha tetap berjalan dan berkembang. Oleh karena itu, memiliki penghasilan tambahan diinginkan banyak orang, apalagi di tengah pandemi virus Corona alias COVID-19. Salah satu yang bisa menghasilkan penghasilan tambahan adalah usaha atau berdagang. Salah satunya usaha Rempeyek, usaha ini dijalankan masyarakat di tengah pandemi Corona. Usaha tersebut tentunya dengan modal yang minim usaha Rempeyek ini bisa dijalankan walaupun dengan modal Rp 1 juta atau bahkan kurang. Jenis usaha tersebut merupakan makanan yang memiliki berbagai cita rasa sehingga mampu menarik banyak konsumen untuk membelinya. Usaha Rempeyek ini bagi masyarakat berpeluang mencatatkan keuntungan lumayan besar.
Kata kunci: Pandemi; PHK; Usaha; Rempeyek; Berkembang
References
Wikipedia..org. 2020. Strategi Pemasaran di https://id.wikipedia.org/wiki/Strategi_pemasaran (di akses 1 Maret)
M.Prawiro. 2018. Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Contohnya di https://www.mamxmanroe .com/vid/marketing/pengertian-strategi-pemasaran.html (di akses 1 Maret)
Kompas.com. 2021. Usaha Makanan Online di https://www.kompas.com/food/read/2021/01/29/131700175/tips-mulai-usaha-makanan-online-dari-pengusaha-yang-sukses-saat-pandemi (di akses 3 Maret)
Mujaini. 2020. Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula dengan Modal Kecil di https://www.kompasiana.com/mujaini/5fde8657d541df41d92d0b47/cara-memulai-bisnis-online-untuk-pemula-dengan-modal-kecil (di akses 3 Maret)
Dani Saputro, Aris. 2020. Strategi Meningkatkan Penjualan untuk Mengalahkan Kompetitor Toko Online di https://www.kompasiana.com/aris75717/5fcb289c8ede486ecc6746b2/strategi-meningkatkan-penjualan-untuk-mengalahkan-kompetitor-toko-online (di akses 3 Maret)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.