Penerapan Java Android Untuk Aplikasi Pengenalan Situs-Situs Warisan Dunia UNESCO Di Indonesia

Authors

  • Elly Agustina Julisawati STMIK Jakarta STI&K
  • Hurnaningsih Hurnaningsih

Keywords:

Java, Android, UNESCO, Indonesia, Kebudayaan

Abstract

Kekayaan budaya dan sejarah Negara Indonesia sangat beragam dan banyak terdapat dibanyak tempat. Melalui program situs warisan budaya UNESCO Indonesia mendaftarkan kekayaan alam dan budayanya. Situs-situs warisan alam dan budaya di Indonesia sebelumnya resmi didaftarkan oleh pemerintah kepada pihak UNESCO. Untuk memudahkan persebaran informasi mengenai situs warisan dunia UNESCO. Situs-situs tersebut tidak semua orang mengetahui oleh karena itu pada penelitian ini membuat aplikasi berbasis android tentang situs-situs tersebut. Proses perancangan aplikasi menggunakan metode studi literatur dan SDLC atau System Development Life Cycle. Metode ini dilakukan secara bertahap dari proses analisa kebutuhan aplikasi, desain dan perancangan, implementasi dan pengujian aplikasi. Pengujian aplikasi dilakukan pada 3 perangkat telepon genggam dengan merek yang berbea. Hasil pengujian aplikasi sesuai dengan hasil analisa kebutuhan dan perancangan yang dilakukan

References

Yolan Priatna, 2017 "Melek Informasi Sebagai Kunci Keberhasilan Pelestarian Budaya Lokal", JURNAL PUBLIS Vol. 1 No.2 Tahun 2017 dengan Nomor ISSN 2598-7852.

Hildgardis M.I Nahak (2019) “Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi†pada jurnal Sosiolog Nusantara Volume: 5 No. 1 Dengan Nomor ISSN: 2460-9099, 2622-9617.

Nugroho. (2010). Unifield Modeling Language. Retrieved from Yogyakarta.

Saputra. (2012). Metode Pengembangan Sistem Model Waterfall. Retrieved from Yogyakarta

Sukanto, S. (2013). Kompenen Diagram UML. Retrieved from Bandung

Sedyawati, Edi. 2006. Budaya Indonesia: Kajian Arkeologi, Seni, dan Sejarah. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Muchsin Idris, Soekotjo Hardiwinoto, Pramitha Astri Kurnia, (2016) Peranan United Nations Educational Scientific And Cultural Organization (Unesco) dalam Perlindungan Benda-benda Bersejarah yang Hancur Akibat Konflik Bersenjata, Jurnal Diponegoro Law Review

Hendri Wijaya, D.A. Wiwik Dharmiasih, Putu Ratih Kumala Dewi (2016), “Peran Unesco Dalam Perlindungan Angkor Wat Sebagai Warisan Budaya Dunia Tahun 2009-2013â€, Jurnal Hubungan Internasional, Vol 1 No 1 (2016)

Safaat, N. 2011, “Android, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis androidâ€. Bandung: Informatika Bandung, 2011.

Abdul Kadir., 2013, From Zero to A Pro Pemrograman aplikasi android, Yogyakarta : Andi.

Alfa Satyaputra., dan Eva Maulina Aritonang, (2014), Beginning Android Programming with ADT Bundle, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles