Perancangan Aplikasi Akademik Menggunakan Model Prototype Berbasis Website

Authors

  • Umar Ibrahim Universitas Pamulang
  • Devi Yunita Universitas Pamulang
  • Maulana Fansyuri Universitas Pamulang

Keywords:

Prototype, aplikasi akademik, website.

Abstract

Sistem akademik di SMK AL FAJAR dalam pengolahan data masih menggunakan kertas, dan memerlukan waktu yang agak lama dalam pembuatan laporan. Mengingat informasi sistem akademik sangat penting, maka informasi tersebut harus dilaporkan dengan mudah dan cepat. Dalam penelitian ini menggunakan model Prototype, dimana model pengembangan perangkat lunak, model ini merepresentasikan paradigma baru dalam pembuatan atau pengembangan perangkat lunak. Penelitian ini bertujuan merancang sebuah aplikasi yang dapat mencatat seluruh data akademik di SMK AL FAJAR, mampu merancang aplikasi yang dapat membantu staf administrasi dalam proses pencarian data akademik di SMK AL FAJAR, serta mampu membangun aplikasi yang membantu dalam pembuatan laporan akademik dan memberikan informasi tentang sekolah yang dapat lebih mudah diakses oleh guru dan siswa di SMK AL FAJAR. Dengan adanya aplikasi akademik berbasis website ini sangat membantu dalam proses pencatatan seluruh data akademik, dapat membantu staf administrasi dalam proses pencarian data akademik dan membantu pembuatan laporan akademik di SMK AL FAJAR.

References

Mohammad Yazdi, “E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi,†J. Ilmua Foristek, vol. 2 (1), no. 1, pp. 143–152, 2012.

N. Ratama and Munawaroh, “Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android,†SATIN – Sains dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 59–67, 2019.

Munawaroh and N. Ratama, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android,†Satin, vol. 5, no. 2, pp. 17–24, 2019.

Z. Rifai, T. Bratakusuma, and R. Arvianti, “Perencanaan Arsitektur Enterprise Desa Dengan Kerangka Kerja TOGAF ADM,†J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 2, p. 177, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i2.803.

N. Pohan, “Implementasi Barcode untuk Sistem Informasi Absensi pada PT . Coca Cola Distribution Indonesia Pekanbaru,†vol. 2, no. 2, pp. 87–102, 2016.

S. K. Pandey, G. P. Singh, and V. Kansal, “Study of object oriented analysis and design approach,†J. Comput. Sci., vol. 7, no. 2, pp. 143–147, 2011, doi: 10.3844/jcssp.2011.143.147.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles