Rancang Bangun Sistem Aplikasi Pendaftaran Dan Pengelolaan Seminar Online Berbasis Web (Studi Kasus : Universitas Pamulang)

Authors

  • Rohman Abdul Azis Universitas Pamulang
  • Niki Ratama Universitas Pamulang

Keywords:

Seminar Online, Rancang Bangun Sistem, Model Waterfall

Abstract

Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Kata seminar berasal dari kata Latin seminarum, yang berarti "tanah tempat menanam benih". Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar sering kali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Terhambatnya pendataan pendaftaran seminar dan penyerahan sertifikat kepada mahasiswa yang mengharuskan mahasiswa untuk mendatangi tempat pendaftaran sehingga mahasiswa yang memiliki kesibukan akan mengalami kesulitan. Dengan menggunakan metode waterfall untuk mengatasi permasalahan diatas, dalam pengembangannya sistem ini menggunakan metode analisa berorientasi objek UML (Unified Modelling Language) seperti Use Case Diagram, Sequence diagram, Activity Diagram dan Class Diagram. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi ini adalah Web, menggunakan Dreamweaver dan pengujian sistem yang digunakan menggunakan black box testing, white box testing dan kuesioner.

References

N. Ratama and Munawaroh, “Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android,†SATIN – Sains dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 59–67, 2019.

Munawaroh and N. Ratama, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android,†Satin, vol. 5, no. 2, pp. 17–24, 2019.

A. Husain, “Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintech Berkah Abadi,†Antimicrob. Agents Chemother., vol. 1, no. 2, pp. 116–127, Dec. 2017, doi: 10.1128/AAC.03728-14.

N. Ratama, “Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android,†J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, pp. 177–183, 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i2.848.

I. Firdaus, S. Kom, and S. Pd, “Perancangan website pemerintah desa sebagai media penyebaran informasi bagi masyarakat dengan metode waterfall,†vol. 2, pp. 34–40, 2016.

T. Handayani, E. Soesilowati, and A. S. Priyanto, “Student Character Buliding Reconstruction Junior High School in District Galesong Takalar Based Values National Culture,†J. Educ. Soc. Stud., vol. 7, no. 2 SE-Articles, pp. 116–122, 2018, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/25422.

Downloads

Published

2021-06-14

Issue

Section

Articles