Sistem Informasi Geografis Pemetaan Limbah Pada Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Bandung

Authors

  • Bertha Meyke Waty Hutajulu 1Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta Indonesia

Keywords:

SIG, Google API, Pemrograman PHP, MySQL, Lingkungan, Bandung

Abstract

Perkembangan dunia industri dikawasan Kota Bandung yang semakin tinggi serta proses pembuangan limbah tidak melalui proses ekstraksi, menimbulkan kerusakan lingkungan disekitar wilayah.  Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung merupakan lembaga pemerintah menangani masalah lingkungan membutuhkan sistem pemetaan yang baik dalam menangani pencemaran limbah. Sistem ini diharuskan menangani masalah ini secara cepat efektif dan menampilkan informasi terbaru. Solusi yang bisa dilakukan mengatasi masalah ini dengan membangun Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis web berfungsi memetakan wilayah berpotensi adanya pencemaran limbah. Penelitian ini tujuan utamanya adalah dapat mengembangkan suatu sistem informasi geografis berbaris web untuk dimanfaatkan sebagai pemantauan pencemaran limbah industri. Penelitian yang dilakukan saat ini membangun sebuat sistem informasi dengan model model waterfall.  Berdasarkan analisan dan perancangan sistem menjelaskan bahwa (a) kegiatan penggunaan sistem pemetaan pencemaran limbah dilaksanakan melibatkan masyarakat dengan masyarakat yang diberikan hak akses terhadap sistem. Hasil ujicoba dan evaluasi yang telah kerjakan bersama para pengguna sistem SIG berbasis web mendapa kesimpulan bahwa sistem yang terbentuk sangat efektif untuk kegiatan pemetaan pencemaran limbah di Kota Bandung

References

] Darnoto, Sri. “Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Lingkungan dengan Dukungan Sistem Informasi Geografis di Puskesmas.†Laporan Penelitian UMS. Surakarta: FIK UMS, 2011

] Frianto R. “Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web untuk Pemetaan Tempat Masjid di Pangkal pinang.†Informatika, Kepulauan Babel. 2015

] Darnoto, Sri. “Pengaruh penambahan EM 4 Terhadap Penurunan BOD dan COD Limbah Tahu.†Laporan Penelitian UMS. Surakarta: FIK UMS, 2013.

] Prahasta, Eddy. “Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografisâ€, Bandung: Informatika. Ramadhani S., Anis U., dan Masruro S.T. 2013. Rancang, 2002.

] Priyana, Yuli, Jumadi, Sigit, Agus Anggoro, Rudiyanto, “Pengembangan Aplikasi SIG Berbasis Web untuk Mendukung Kolaborasi dan Pengambilan Keputusan dalam Pengelolaan Air tanah di Kabupaten Karanganyarâ€. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah (ATPW), Surabaya, 11 Juni 2015. Surabaya: Institut Teknologi Surabaya, 2015.

] Kadir, A. “Pemrograman Web mencakup: HTML, CSS, Java Script & PHP.†Yogyakarta: Andi Offset., 2002

] Indah, Novita. â€Pembuatan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Daerah Pemilihan dan Hasil Pemilu 2004 dan 2009 Pada Wilayah DKI Jakarta Menggunakan Arcview 3.3 dan Mapserver.†Artikel Ilmiah Penelitian S1 Sistem Informasi. Jakarta: Ilmu Komputer Universitas Gunadarma, 2014.

] Kosasi S.,â€Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tempat Kost Berbasis Web.†Pontianak, Kalimantan Barat. 172 CSRID Journal Vol. 6. No. 3, 2014.

] Depkes RI. “Dukungan Informasi Untuk Manajemen Kesehatandi Kabupaten / Kotamadya, Pusat Data Kesehatan Depkes RI, Jakarta, 2001

] Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL. Lamongan. Jurnal Teknika Vol. 5, No. 2, 2015.

Downloads

Published

2021-08-14

Issue

Section

Articles