Penerapan Metode Algoritma Apriori pada Sistem Penjualan Enoni Cellular

Authors

  • Rinna Rachmatika Universitas Pamulang
  • Kecitaan Harefa Universitas Pamulang
  • Ardianto Moenir Universitas Pamulang

Keywords:

Algoritma Apriori, Data Mining, Penjualan

Abstract

Pesatnya perkembangan suatu teknologi informasi dalam dunia penjualan menuntut para pelaku usaha untuk menggunakannya. Para penjual bisa menggunakan teknologi informasi untuk kegiatan jual beli guna mendapat keuntungan. Penjualan adalah aktifitas yang dilakukan dalam menjual barang atau jasa yang prosesnya si penjual menyediakan barang juga jasa sehingga dapat memberikan harga tertentu untuk para pembeli, dimana prosesnya bisa dengan beberapa metode seperti penjualan secara langsung kepada konsumen, online maupun agen. Saat ini persaingan dalam dunia usaha terutama penjualan membuat para pelaku usaha harus memiliki strategi yang bisa menguntungkan dan meningkatkan penjualan mereka. Teknik data mining dengan algoritma apriori bisa diterapkan untuk membantu para pelaku usaha dalam mendapatkan strategi penjualan mereka, hanya saja para pelaku usaha masih banyak yang belum mengetahui dan menerapkan sistem penjualan dengan teknik tersebut. Dari hasil analisa dan pengujian dengan algoritma apriori pada data penjualan di Enoni Cellular, didapatkan suatu aturan associate yang terbentuk dan bisa diterapkan di dalam sistem penjualan, seperti menentukan strategi juga pemasaran.di Enoni Cellular, karena apa yang dihasilkan nilainya memiliki tingkat confidence tertinggi yaitu 100%.

References

Anif Hanifa Setyaningrum, Fenty Eka Dewi Listriani, "Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algortima Apriori pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro)," Jurnal teknik Informatika VOL 9 NO. 2, Oktober 2016.

M. Afif Syaifullah, "Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Penjualan," Yogyakarta, 2010.

D, Loraine Charlet Annie M.C. and Ashok Kumar, "Market Basket Analysis for a Supermarket based on Frequent Itemset Mining," International Journal Computer Science Issues, 2012.

Kusrini, Lutfi, Emha Taufiq , Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi, 2009.

Achmad Bisri Rinna Rachmatika, "Perbandingan Model Klasifikasi untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa," Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika Vol.6 No.3, p. 417, 2020.

Rinna Rachmatika, Kecitaan Harefa, "Analysis of Determination of Strategy Promotion using Apriori Algorithm," Journal of Physics: Conference Series, 2020.

Fitri Marisa, Dwi Purnomo Aditya, "Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM," Journal of Information Technology and Computer Science Vol 1 No.1, p. 1, 2016.

Normah Siti Aisyah, "Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Di Swalayan Koperasi Bappenas Jakarta Pusat," Jurnal Komputer dan Informatika Bina Sarana Informatika Vol.21 No.2, pp. 235-242, 2019.

M.Hafiz Ade Fitria Lestari, "Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Penjualan Barbar Warehouse," JURNAL INOVTEK POLBENG - SERI INFORMATIKA, VOL. 5, NO. 1, pp. 96-105, 2020.

Downloads

Published

2021-08-17

Issue

Section

Articles