Pengembangan Sistem Menggunakan Framework Codeigniter pada Sistem Manajemen Berkas Pasien Rumah Sakit PELNI

Authors

  • Anis Mirza Universitas Pamulang Banten
  • Melani Dewi Lusita STMIK Jakarta STI&K

Keywords:

Perancangan, Penerimaan, Berkas, Pasien, Web, PHP, DBMS Mysql

Abstract

Rumah Sakit PELNI merupakan sebuah instansi pemerintah bidang kesehatan untuk melayani masyarakat secara umum. Rumah saktit ini menerima pasien dari kalangan pegawai institusi kelautan Indonesia. Setiap paseirn yang bertransaksi dengan institusi ini didata dalam berkas paseien. Penerimaan berkas pasien di Rumah Sakit ini saat ini masih menggunakan pencatatan dalam buku manual. Proses pencatatan dengan buku secar manual ini dapat menimbulkan permasalahan karena berkas dipakai disemua bagian rumah sakit. Berkas pasien tersebut dicatat tidak ada standar format pencatatan data sehingga dapat membingunkan proses transaksi dirumahsakit. Kegiatan penelitian ini berusaha membangun sebuah sistem informasi penerimaan berkas pasien untuk Rumah Sakit PELNI. Sistem ini dibangun untuk mengetahui berkas pasien yang sudah masuk dan berkas pasien yang belum masuk oleh petugas. Penelitian ini bertujuan membangun sistem yang memudahkan petugas untuk penerimaan berkas dan pelaporan data sehingga kegiatan transaksi di rumah sakit terhadap pasien menjadi lebih cepat dan akurat. Tampilan sistem yang interaktifnya memudahkan pengguna untuk menginput data berkas pasien. Sistem yang dibangun menggunakan Framework Codeigniter PHP dengan database Mysql yang sudah umum digunakan sehingga memudahkan proses pengembangan selanjutnya. Penelitian ini pada proses perancangan sistem informasi menggunakan teknik atau metode waterfall, sehingga memudahkan penerapan sistem pada Rumah Sakit PELNI

References

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M., Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek., Bandung. : Informatika Bandung. , 2015, pp. A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.Bandung: Informatika Bandung. .

Kustiyahningsih, Yeni dan Amanisa, Rosa Devie, Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL, Yogyakarta.: Graha Ilmu, 2010..

Azwar, Azrul., Pengantar Administrasi Kesehatan, Jakarta: Binarupa Aksara , 2010.

Minarni, F. H., "sistem Informasi Perpustakaan Berbasis WEB pada Politeknik Kesehatan Padang.," Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, pp. Vol 3, No. 1, Maret 2011 , 3, 102-109., 2011.

Mohamad Topan, H. F., "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Berbasis Web Studi Kasus : Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi.," E-journal Teknik Informatika, pp. volume 6, No. 1 (2015) , 6, 1-6., 2015.

Anfal, A., "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018," Excellent Midwifery Journal, pp. Vol. 3, No 2, Oktober 2020 , 3, 1-19., 2020.

wahyuana amelia putri, wahyuana amelia putri, "Faktor Penyebab Missfile Pada Berkas Rekam Medis di Rumah Sakit," Jurnal Informasi Majamen Kesehatan Indonesia, pp. Vol 7, No 2, 2019.

Ali Sabela Hasibuan, "Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Duplikasi Penomoran Berkas Rekam Medis Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2016," Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan, p. Vol. 1 No. 2, 2016.

Fahmi Hakam, "Analisis Penyediaan Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Di Puskesmas X," Jurnal Manajemen Informasi dan Kesehatan, pp. Vol 1, No 1, 2018.

Alfred Yulius Arthadi Putra, "Penerapan Metode Waterfall Dalam Sistem Informasi Rekam Medis Di Puskesmas Xyz".

Downloads

Published

2021-11-26

Issue

Section

Articles