Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Pada Umkm Berbasis Web Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk (Studi Kasus : Umkm Hoki Donut’s)

Authors

  • Widyagustina Ismayanti UNIVERSITAS PAMULANG
  • Sewaka Sewaka UNIVERSITAS PAMULANG

Keywords:

E-Commerce, UMKM Hoki Donut’s, waterfall,

Abstract

E-Commerce adalah proses transaksi jual beli yang dilakukan melalui internet dimana website digunakan sebagai wadah melakukan proses tersebut. UMKM merupakan salah satu komponen pelaku usaha yang mempunyai sumbangan cukup besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan. UMKM Hoki Donut’s merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang produksi aneka macam kue yang dibuat langsung oleh pemiliknya yaitu Ibu Nurasiyah Jamil. Terbatasnya jaringan pemasaran seperti media maupun fasilitas pemasaran menyebabkan sulitnya untuk memasarkan produk-produknya, sehingga pelanggannya juga terbatas hanya area kota Jakarta dan sekitar rumah produksinya saja. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun dan mengembangkan website bagi UMKM Hoki Donut’s yang dapat digunakan sebagai media informasi atau media pemasaran hasil produk-produknya agar dapat diketahui oleh khalayak luas guna menghadapi persaingan pemasaran di dunia teknologi. Oleh karena itu, dilakukan perancangan sistem pemasaran secara online melalui website yang menggunakan metode Waterfall dan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan studi pustaka serta menggunakan UML (Unified Modelling Language) sebagai perancangan perangkat lunaknya. Aplikasi ini akan mempermudah kinerja admin dan pembeli untuk melakukan transaksi penjulaan dan pembelian produk UMKM Hoki Donut’s.

 

Kata Kunci: E-Commerce, UMKM Hoki Donut’s, waterfall, PHP, Unified Modelling Language.

References

T. A. Kurniawan, “Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 77, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201851610.

R. A. Sagita and H. Sugiarto, “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web,†Netw. Secur., vol. 5, no. 4, p. 13, 2016, [Online]. Available: https://www.cliffedekkerhofmeyr.com/export/sites/cdh/en/practice-areas/downloads/Employment-Strike-Guideline.pdf.

R. M. N. Halim, “Sistem Informasi Penjualan Pada TB Harmonis Menggunakan Metode FAST,†J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 2, p. 203, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i2.868.

A. Sidik, L. Sakuroh, and D. Pratiwi, “Perancangan Sistem Infomasi Filling di PT BCA Cabang MH Thamrin Tangerang,†J. Sisfotek Glob., vol. 7, no. 2, pp. 81–86, 2017.

N. Ratama, “Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android,†J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, pp. 177–183, 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i2.848.

M. I. N. Kharish and Munawaroh, “PENGEMBANGAN SISTEM APLIKASI RAPORT BERBASIS WEB PADA SEKOLAH DASAR Studi Kasus di SD Sekolah Pelangi Bangsa , Pamulang , Tangerang,†J. Artif. Intell. Innov. Appl., vol. 2, no. 1, pp. 72–76, 2021.

N. Ratama, Sistem penunjang keputusan dan sistem pakar dengan pemahaman studi kasus. .

Munawaroh, “Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto,†J. Inform. J. Pengemb. IT Poltek Tegal, vol. 03, no. 02, pp. 184–189, 2018.

Downloads

Published

2021-12-09

Issue

Section

Articles