Sistem Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Fuzzy Inference System Metode Mamdani

Authors

  • Hadi Zakaria Universitas Pamulang
  • Nur Jaya Universitas Pamulang

Abstract

Dosen adalah salah satu unsur dalam penyelenggarakan pendidikan tinggi, dosen merupakan tenaga akademik yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian serta pengabdian pada masyarakat. Penilaian terhadap kinerja dosen perlu dilakukan, karena dosen sebagai salah satu faktor penunjang kesuksesan suatu organisasi ataupun instansi. Penilaian kinerja secara umum bertujuan untuk memberikan feedback dalam upaya memperbaiki produktivitas dan kualitas kerja. Banyaknya  jumlah dosen yang ada mengakibatkan pihak manajemen mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian kinerja dosen, serta memakan waktu lama dalam proses perhitungannya.Salah satu metode yang digunakan untuk melakukan penilaian kinerja dosen adalah Fuzzy Inference System (FIS) Metode Mamdani yang merupakan salah satu metode inferensi didalam logika fuzzy, kelebihan metode ini adalah konsepnya yang mudah dimengerti, lebih fleksibel, dan memiliki toleransi terhadap data yang tidak tepat. Oleh karena itu pada penelitian ini akan menerapkan Fuzzy Inference System (FIS)  Metode Mamdani pada sistem penilaian kinerja dosen agar dapat memudahkan pihak manajemen dalam melakukan penilaian kinerja dosen dan mempercepat waktu perhitungan pada sistem penilaian kinerja dosen. Metode Mamdani ini bersifat intuitif, dapat mencakup bidang yang luas, dan memiliki proses input informasi yang menyerupai kinerja manusia. Kelebihan-kelebihan tersebut membuat metode Mamdani sangat cocok digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk untuk mengevaluasi kinerja dosen. 

 

Kata Kunci: Dosen, Penilaian kinerja, logika fuzzy.

 

Abstract

Lecturers are one element in the implementation of higher education, lecturers are academic staff in charge of planning and implementing the learning process, assessing learning outcomes, conducting guidance and training, as well as conducting research and community service. Assessment of lecturer performance needs to be done, because lecturers are one of the factors supporting the success of an organization or agency. Performance appraisal generally aims to provide feedback in an effort to improve productivity and work quality. The large number of existing lecturers causes the management to have difficulty in assessing lecturer performance, and it takes a long time in the calculation process. One of the methods used to assess lecturer performance is the Fuzzy Inference System (FIS) Mamdani method which is one of the inference methods in In fuzzy logic, the advantages of this method are that the concept is easy to understand, more flexible, and has tolerance for inaccurate data. Therefore, in this study, the Mamdani Method Fuzzy Inference System (FIS) will be applied to the lecturer's performance appraisal system in order to facilitate the management in evaluating the lecturer's performance and speed up the calculation time in the lecturer's performance appraisal system. The Mamdani method is intuitive, can cover a wide field, and has an information input process that resembles human performance. These advantages make the Mamdani method very suitable for use in various applications, including to evaluate the performance of lecturers.

 

Keywords: Lecturer, Performance Appraisal, Fuzzy Logic.


Author Biographies

Hadi Zakaria, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Informatika

Nur Jaya, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Informatika

References

Sunarti, “Perbandingan Metode TOPSIS dan SAW Untuk Pemilihan Rumah Tinggal,†J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 69–79, 2018, [Online]. Available: https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/joins/article/view/1883/1289.

I. Faisal and A. Fauzi, “ANALISIS QoS PADA IMPLEMENTASI MANAJEMEN BANDWITH MENGGUNAKAN METODE QUEUE TREE dan PCQ (PER CONNECTION QUEUEING),†Penelit. Tek. Inform. Univ. Prima Indones. Medan, vol. 1, no. April 2018, p. 142, 2018.

A. Sidik, L. Sakuroh, and D. Pratiwi, “Perancangan Sistem Infomasi Filling di PT BCA Cabang MH Thamrin Tangerang,†J. Sisfotek Glob., vol. 7, no. 2, pp. 81–86, 2017.

L. Sudarmana et al., “Aplikasi Sistem Pakar Untuk mendiagnosis Gangguan Jiwa Schizophrenia,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 2, pp. 40–44, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/download/650/639.

D. Handayani, Y. Yudiana, and Y. Wahyudin, “Rancang Bangun Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,†J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 3, pp. 19–25, 2021, doi: 10.35969/interkom.v15i3.106.

D. Kusmanto et al., “Aplikasi Sistem Pendeteksi Kerusakan Hardware pada Komputer Dengan Menggunakan Metode Fuzzy,†vol. 2, no. 2, pp. 106–113, 2021.

R. V. Imbar and R. Kurniawan, “Perancangan Aplikasi Absensi Laboratorium Komputer dengan Menggunakan Sistem Verifikasi Pengguna di Universitas Kristen Maranatha,†J. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 37–45, 2006.

N. Ratama, Sistem penunjang keputusan dan sistem pakar dengan pemahaman studi kasus. .

M. A. Jihad, “Pemanfaatan Metode Technique for Order Preference By Similiarity To Ideal Solution (Topsis) Untuk Menentukan Pelanggan Terbaik,†J. Inf. dan Komput., vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2019, doi: 10.35959/jik.v7i1.117.

E. S. Ginting and I. Hadi, “Pengujian Konfigurasi Otomatis Penambahan Gateway Pada Virtual Router Menggunakan Aplikasi Otomatisasi Jaringan Berbasis Web,†vol. 4, pp. 1126–1131, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i4.2485.

Munawaroh, “Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto,†J. Inform. J. Pengemb. IT Poltek Tegal, vol. 03, no. 02, pp. 184–189, 2018.

N. Ratama, “IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO UNTUK DETEKSI DINI AUTISME PADA BALITA BERBASIS ANDROID,†vol. 3, no. 2, pp. 129–139, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/269.

Downloads

Published

2021-11-15

Issue

Section

Articles