Implementasi Sistem Penunjang Keputusan dalam Menentukan Keuntungan Maksimum Perusahaan Menggunakan Metode Program Linear Simpleks Berbasis Web pada Toko Fortuna

Authors

  • Widia Novita Sari
  • Sartika Lina Mulani Sitio Universitas Pamulang

Keywords:

Decision Support System, Linear Programming, Simplex Method, PHP, MySQL

Abstract

Toko Fortuna adalah salah satu toko yang bergerak di bidang retail furniture. Belum adanya sistem yang menunjang pengoptimalan keputusan menyebabkan keuntungan yang diperoleh pemilik toko kurang maksimal. Sistem manual masih digunakan dalam proses produksi furniture, sehingga kurang efektif. Pada permasalahan tersebut, penulis menerapkan perhitungan program linear dengan menggunakan metode simpleks sebagai penunjang keputusan yang dirancang guna membantu dalam menentukan keuntungan yang optimal. Penerapan metode simpleks dapat menyelesaikan masalah optimasi dengan berbagai tujuan dan kendala. Dari hasil perhitungan, toko Fortuna akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 5.743.000, dengan memproduksi kasur sebanyak 30 unit, puff sebanyak 10 unit, dan bantal sebanyak 13 unit. Implementasi sistem dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman web, yaitu PHP dan data dikelola menggunakan MySQL.

References

Aprilyanti, S. (2019). Optimasi Keuntungan Produksi pada Industri Kayu PT. Indopal Harapan Murni Menggunakan Linear Programming. Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem & Teknik Industri (PASTI).

Darsini. (2020). Penelitian Operasional I. Klaten: Lakeisha.

Firmansyah, Panjaitan, D. J., Salayan, M., & Silalahi, A. D. (2018). Pengoptimalan Keuntungan Badan Usaha Karya Tani di Deli Serdang dengan Metode Simpleks. JISTech.

Jannah, M., Sarwandi, & Creative, C. (2019). Mahir Bahasa Pemrograman PHP. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Limbong, T., Muttaqin, Iskandar, A., Windarto, A. P., Simarmata, J., Mesran, et al. (2020). Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Parinduri, I., & Syafwan, H. (2018). Teknik Riset Operasi Menggunakan POM QM For Windows 3. Yogyakarta: Deepublish.

Wulandari, S. A., Defriyanto, & Suherman. (2019). Optimalisasi Keuntungan dalam Inovasi Bisnis Model dengan Menggunakan Linear Programming Metode Simpleks. Jurnal Kelitbangan.

Downloads

Published

2021-12-10

Issue

Section

Articles