Penerapan Metode Forward Chaining Pada Rancang Bangun Web Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Anemia

Authors

  • Mohamad Saefudin STMIK Jakarta STI&K
  • Ani Rachamniar STMIK Jakarta STI&K

Keywords:

Anemia, Sistem Pakar, Aplikasi, Forward Chaining, PHP, MySQL

Abstract

Kehidupan manusia dalam beraktivitas akan sangat dipengaruhi factor kesehatan. Masyarakat banyak diantarnya yang tidak memperhatian kesehatan tubuhnya sehingga penyakit akan mudah datang tanpa disadari sehingga sering terlambat untuk mendiagnosa. Anemia merupakan satu dari penyakit yang ada dimasyarakat yang dianggap biasa. Masyarakat akan pergi ke rumah sakit atau puskesmas ketika merasakan gajala sakit untuk diperiksa. Pemeriksaan ke rumah sakit atau puskesmas tersebut tentunya mengorbankan waktu untuk melakukan hal lain. Ide untuk membuat suatu aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna khususnya masyarakat membantu pengecekan dini terhadap penyakit anemia muncul dari sini. Peneltitian ini menggunakan metode eksperimental dengen melakukan pengumpulan data-data yang dibutuhkan berdasarkan studi literature dan hasil wawancara yang dilakukan oleh para dokter. Perancangan aplikasi sendiri menggunakan metode waterfall yang menghasilkan sebuah aplikasi berbasis web yang dapat dipublikasi ke internet. Aplikasi dalam penelitian ini dibangun menggunakan Bahasa pemrograman PHP dangan database MySQL. Peneliti menggunakan perangkat bantu perancangan yaitu diagram yang terdapat pada UML seperti diagram usecase, diagram class, dan diagram Entity Relationhip. Hasil penelitian ini membantu masyarakat untuk mengetahui sejak dini jika menemukan gejala-gejala yang dirasakan berhubungan dengan penyakit anemia. Masyarakat dapat dengan mudah memanfaatkan aplikasi ini secara mudah dan gratis melalui media internet dimana aplikasi ini dapat dipublikasikan

References

Sudoyo W.Aru., et al., Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam (Jilid II,Edisi IV)., Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2006.

Sumarno, R. P.., Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Anemia, Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2014.

Melisa, Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Leukimia Dengan Metode Fordward Chaining, Medan: STMIK TIME Medan, 2015..

A. Nurkholis, A. Riyantomo, M. Tafrikan, "Sistem Pakar Penyakit Lambung Menggunakan Metode Forward Chaining," Majalah Ilmiah Momentum, vol. 13, no. 1, pp. 32-38, 2017.

B. F. Yanto, I. Werdiningsih, E. Purwanti, "Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Anak Bawah Lima Tahun Menggunakan Metode Forward Chaining," Jorunal of Information Systems Enginering and Business Intelegence, vol. Vol. 3, no. No. 1, pp. 61-67, 2017.

W. Supartini & Hindarto, "Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining Dalam Mendiagnosa Dini Penyakit Tuberkulosis Di Jawa Timur," KINETIK: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control eISSN : 2503-2267 pISSN : 2503-2259, vol. Vol 1, no. No. 3, pp. 147-154 , 2016.

Nugroho, Adi, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek., Informatika: Informatika, 2005.

Sumantri, Rachmat., et al., Pedoman Diagnosis dan Terapi Hematologi Onkologi Medik., Bandung: Sumantri, Rachmat., et al. Pedoman Diagnosis dan Terapi Hematologi Onkologi Medik. Bandung: Sub Bagian Hematologi Onkologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, 2008.

Downloads

Published

2021-11-15

Issue

Section

Articles