Prototype Smarthome Dengan Konsep Internet of Things Menggunakan Microcontroller Berbasis Android

Authors

  • Dwi Sutikno Universitas Pamulang
  • Dede Sahrul Bahri Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Smarthome, Internet of Thing, Smartdoor, Android

Abstract

Smarthome merupakan sebuah sistem yang berkonsep pada Internet of Things yang dirancang dengan memadukan controller dan aplikasi pengendalinya. Pada umumnya controller yang digunakan adalah controller OEM atau Mini PC yang dihubungkan dengan aplikasi android bawaan atau sebuah layanan web dengan server berlangganan. Sistem smarthome konvensional tidak terintegrasi dengan smartdoor dan membutuhkan sistem terpisah untuk membangunnya. Untuk dapat membangun system smarthome yang terjangkau dan mampu terintegrasi dengan smartdoor, dibutuhkan sebuah microcontroller. Microcontroller merupakan sistem mikroprosesor lengkap yang terkandung di dalam sebuah chip. Sistem dirancang dengan menggunakan realtime database dari firebase. Realtime database adalah basis data NoSQL dan karena itu memiliki optimalisasi dan fungsionalitas yang berbeda dibandingkan dengan basis data relasional. Sistem smarthome yang dibangun terbukti hanya membutuhkan biaya yang rendah dan dapat berjalan realtime.

References

Silaban & R. Rosmanty. "Perancangan Monitor dan Kendali Beban Generator Berbasis Internet Of Tthing." Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas sains dan Tekhnologi 2.2 (2021): 91-91.

Herdianto. "Perancangan Smart Home dengan Konsep Internet of Things (IoT) Berbasis Smartphone." Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology 6.2 (2018).

Muslihudin, Muhamad, et al. "Implementasi Aplikasi Rumah Pintar Berbasis Android Dengan Arduino Microcontroller." Jurnal Keteknikan dan Sains (JUTEKS) 1.1 (2018): 23-31.

Ruuhwan, R. Rizal, and I. Karyana. "Sistem Kendali dan Monitoring Pada Rumah Pintar Berbasis Internet of Things (IoT)." Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS) 1.2 (2019).

Masykur, Fauzan, and P.Fiqiana. "Aplikasi rumah pintar (smart home) pengendali peralatan elektronik rumah tangga berbasis web." J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput 3.1 (2016): 51-58.

Desmira, and Aribowo.D. "Perancangan Smarthome Dengan Rasberry Berbasis Wireless Menggunakan Microkontoller Avr Atmega328 Dan Fuzzy Logic." Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 7.2 (2016): 707-716.

Gumilar, R. Zulfikar, T. A. Zuraiyah, and A. P. Putra. "Model Smart Home Solution Berbasis Mikrokontroller." Jurnal FMIPA. Universitas Pakuan (2016).

Rochman, Hudan Abdur. Sistem Kendali Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Protokol MQTT pada Smarthome. Diss. Universitas Brawijaya, 2017.

Shodiq, Amir, S. Baqaruzi, and Ali Muhtar. "Perancangan Sistem Monitoring dan Kontrol Daya Berbasis Internet Of Things." ELECTRON: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro 2.1 (2021): 18-26.

Naibaho, Benny. "Rancang Bangun Alat Keamanan Locker Dengan Menggunakan E-Ktp Berbasis Arduino Pro Mini." Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas sains dan Tekhnologi 2.2 (2021): 68-68.

Perdana, F. Yanasta, and E. Rakhman. "Sistem monitoring untuk catu daya berbasis aplikasi mobile." Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. Vol. 8. 2017.

Turang, D. A. Octavianus. "Pengembangan Sistem Relay Pengendalian Dan Penghematan Pemakaian Lampu Berbasis Mobile." Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF). Vol. 1. No. 1. 2015.

W. Purnamasari and R. Wijaya, “Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Sensor Getaran dengan Output Suara Berbasis PC,†J. Mantik Penusa, vol. 21, no. 1, 2017.

Downloads

Published

2022-05-08

Issue

Section

Articles