Perancangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pemesanan Online Pada Toko Bubur Bayi Alfa 3

Authors

  • Heri Haerudin Universitas Pamulang
  • Dimas Abisono Punkastyo Universitas Pamulang
  • Faikar Azman Rasyid Universitas Pamulang

Keywords:

Android, Aplikasi, Pemesanan, Online, Bubur

Abstract

Bubur Bayi Alfa 3 merupakan usaha yang bergerak dalam bidang makanan untuk bayi dan balita yang berlokasi di wilayah Pamulang. Usaha ini menyediakan berbagai varian menu dan hidangan penutup untuk bayi dan balita. Banyaknya peminat bubur bayi dikarenakan pembuatan yang memakan waktu dan banyaknya bahan yang digunakan menjadi alasan para orang tua khususnya yang memiliki bayi atau balita untuk membeli bubur bayi yang siap saji. Pelayanan pemesanan yang dilakukan masih menggunakan metode manual. Karena banyaknya pembeli sering kali terjadi antrian sehingga mengakibatkan pembeli pergi ke tempat lain karena tidak sabar menunggu. Selain itu sering terjadi kesalahan pada pesanan dikarenakan kurangnya informasi mengenai daftar menu dan harga. Masalah lainnya adalah tidak ada pencatatan transaksi dari pelanggan karena tidak ada bukti atau riwayat pembelian sehingga menyulitkan dalam pencatatan arus kas. Untuk itu maka dibutuhkan sebuah aplikasi untuk memudahkan proses pemesanan agar tidak terjadi antrian, kesalahan pemesanan, dan memudahkan dalam pencatatan arus kas. Teknik pengumpulan data pada perancangan aplikasi berbasis android untuk pemesanan online pada Toko Bubur Bayi Alfa 3 menggunakan metode Pengamatan langsung (Observasi), Wawancara (Interview), Studi Kepustakaan (Library), sedangkan  model pengembangan sistem menggunakan model Waterfall dengan tahapan analisis proses sistem yang sedang berjalan dan sistem usulan, desain untuk perancangan antar muka aplikasi serta perancangan basis data , pengkodean untuk membuat aplikasi dengan android studio, dan pengujian dengan model blackbox.

References

L. Prasojo Diat and D. Riyanto, Teknologi Informasi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media, 2011.

W. S. S. Hendi Wijaya, "Rancang bangun mobile commerce berbasis android pada toko duta buku semarang," Techno.COM, p. 100, 2015.

A. P. Kusuma and K. A. Prasetya, "Perancangan Dan Implementasi E-Commerce Untuk Penjualan Baju Online Berbasis Android," Jurnal Antivirus, vol. 11, p. 1, 2017.

R. Agustina, D. Suprianto and I. Muslimin, Analisis Perancangan Pemesan Makanan menggunakan Smartphone Berbasis Android, p. 26, 2018.

S. Handayani, Perancangan Sistem Informasi Penjualan berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko KUN Jakarta, p. 182, 2018.

B. C. Neyfa and D. Tamara, Perancangan Aplikasi E-Canteen berbasis android dengan menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design (OOAD), p. 83, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta, 2017.

E. T. Russeffendi, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang NonEksakta Lainnya, Bandung: Tarsito, 2010.

I. Sommerville, Software Engineering (Ninth Edition), United States of America: Pearson Education Inc.: Addison-Wesley, 2011.

Downloads

Published

2022-03-21

Issue

Section

Articles