Sistem Administrasi Perpustakaan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Taman Jangkrik

Authors

  • Syamsiah Syamsiah Teknik Informatika Unindra
  • Agus Darmawan Teknik Informatika, Unindra

Keywords:

Aplikasi Perpustakaan, Netbeans, Sistem Informasi

Abstract

Perpustakaan pada hakekatnya adalah hasil budidaya manusia berupa lembaga pengumpul, pemeliharaan, dan penyimpanan bahan-bahan yang merupakan catatan hasil gagasan orisinal yang dijadikan sebagai informasi masyarakat. Agar perpustakaan berfungsi sebagai sarana penciptaan budaya nasional dan sebagai sumber informasi bagi pendidikan, individu, penelitian, pengembangan, dan teknologi, mereka harus dimajukan dalam segala hal. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisissistem administrasi yang digunakan di RPTRA TAMAN JANGKRIK, agar diketahui kekurangan dan kelebihan dalam sistem yang sudah ada. Metode penelitian ini yang digunakan untuk membuat sistem ini adalah metode studi literature. Melalui metode ini, penulis melakukan wawancara dan observasi. Untuk memperoleh informasi secara langsung  digunakan sebagai acuan untuk pembuatan suatu sistem  Informasi terkait aplikasi. Penelitian ini dalam menganalisa data menggunakan data flow diagram (DFD), Dengan membuatnya mudah klasifikasikan proses sesuai dengan data yang butuhkan dan di mana membutuhkannya dan rancang database langkah demi langkah sesuai dengan proses yang ada di sistem akan terbuat.

References

R. Firdaus and W. Wulandari, “Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Pada Sekolah Dasar Negri 12 Rawamangun Berbasis Java,†in Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), 2021, vol. 5, no. 1.

R. Septiana Mohandas, “Sistem Informasi Perpustakaan Di SMP Negeri 2 Losari Kecamatan Losari Kabupaten Brebes.†Universitas Komputer Indonesia, 2013.

D. E. Hendrianto, “Pembuatan sistem informasi perpustakaan berbasis website pada sekolah menegah pertama negeri 1 donorojo kabupaten pacitan,†IJNS-Indonesian J. Netw. Secur., vol. 2, no. 4, 2013.

R. A. Azis and N. Ratama, “Rancang Bangun Sistem Aplikasi Pendaftaran Dan Pengelolaan Seminar Online Berbasis Web (Studi Kasus: Universitas Pamulang),†JOAIIA J. Artif. Intell. Innov. Appl., vol. 2, no. 2, pp. 162–166, 2021.

Y. ANGGRIANI, “SISTEM INFORMASI MONITORING PENGGUNAAN LABORATORIUM KOMPUTER PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK NEGERI KETAPANG.â€

D. Rahardika and N. Ratama, “Implementasi Network Automation Untuk Konfigurasi Jaringan Baru Dengan Netmiko,†vol. 2, no. 3, pp. 190–200, 2021.

A. W. Kusumah, S. Hidayat, and P. Rosyani, “Perancangan Sistem Informasi Laboratorium Komputer PEC (Practical Education Center),†JOAIIA J. Artif. Intell. Innov. Appl., vol. 2, no. 2, pp. 50–60, 2021.

A. Aryanto, “Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Smp Muhammadiyah 7 Surakarta,†Speed-Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 5, no. 1, 2017.

Downloads

Published

2022-05-08

Issue

Section

Articles