Sistem Informasi Inventaris Produk Berbasis Web pada PT. Kasitu Indonesia

Authors

  • Petricia Oktavia Pamulang university
  • Muhamad Meky Frindo Pamulang university
  • Isnaeni Nur Azizah Pamulang university

Keywords:

Sistem Informasi, Inventaris, Model Waterfall SDLC, Stok Opname

Abstract

PT. Kasitu Indonesia merupakan perusahaan swasta yang bergerak dibidang perdagangan yang menjual suatu produk pakaiandimana untuk pengolahan data masih melakukan pencatatan barang dengan menggunakan sistem secara manual, untuk mengetahui data stok barang serta pembuatan laporannya masih dengan cara penulisan dibuku. Oleh sebab itu banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk proses pembuatan laporan yang tepat dan pencatatan transakasi penjualan pakaian yang akurat bagi pemilik dan mengurangi kemungkinan kesalahan pencatatan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan aplikasi dalam pengolahan data persediaan barang yaitu stok opname serta laporan yang terkomputerisasi agar pencatatan keluar masuk barang lebih cepat, tepat dan akurat.Adapun perancangan sistem yang dilakukan yaitu menggunakan metode pengembangan SDLC (System Development Life Circle) model waterfall dengan metode pendekatan sistem berupa pendekatan analisis dan pemrograman terstruktur sebagai alat bantu proses, sedangkan alat pengembang aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Pengujian sistem dengan melakukan pengujian Black Box dan UAT(User Acceptance Test). Dari  penelitian yang dilakukan dihasilkan sebuah perangkat lunak sistem informasi inventaris produk berbasis Web dengan kemampuan dapat menyimpan data penjualan dan pembelian barang, mengontrol stok keluar masuk barang dan stok opname. Hasil uji Black Box adalah 76% dapat digunakan oleh pengguna  sementara hasil User Acceptance Test adalah 76% setuju, 1% kurang setuju, 23% tidak setuju.   

References

Rukoyah, S.R., dkk. (2017). Sistem Informasi Inventaris Barang pada RSUD Soreang. Skripsi Cimahi: Universitas Jendral Achmad Yani.

Rahmad, M.B., & Tedy Setiady. (2014). Perancangan Sistem Informasi Inventory Spare Part Elektronik Berbasis Web PHP. Skripsi Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Agusvianto, Hendra. (2017). Sistem Informasi Inventori Gudang Untuk Mengontrol Persediaan Barang Pada Gudang Studi Kasus PT.Alaisys Sidoarjo. Skripsi Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Martono. (2018). Perancangan Prototype Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang. Skripsi Jambi: STIKOM Dinamika Bangsa Jambi.

Hakim, A.F., dkk. (2019). Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Di Laboratorium Fakultas Teknik Uniska Kediri. Skripsi Kediri: Universitas Islam Kediri.

Sriadhi. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Inventaris Berbasis Multimedia Akses Online. Skripsi Medan: FT-Universitas Negeri Medan.

Arief, M.R., (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Madcoms. (2016). Pemrograman PHP dan MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta: Andi.

Jogiyanto. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Tugas Akhir, 30-35. Universitas Brawijaya.

Kristanto. (2012). Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nuh, M. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Presensi Siswa Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Rembang Berbasis Finger Pint. Jurnal Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 1-5.

P.S., R. I. (2014). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi.

Rubiati, N. (2018). Aplikasi Informasi Pelayanan Fitness pada Golden Fitness Center Dumai dengan Bahasa Pemrograman PHP. Jurnal Informatika, Manajemen, dan Komputer, 1-6.

Shelly, G. B., & Vermaat, M. E. (2010). Menjelajah Dunia Komputer Hidup Dalam Era Digital Edisi 15. Jakarta Selatan: Salemba Infotek.

Sutanto, Ery Hermawan. (2014). Panduan Aplikatif & Solusi (PAS) Sistem Informasi Penjualan Online Untuk Tugas Akhir. Wahana Komputer: Semarang.

Taufiq, R. (2013). Analisis Sistem adalah pembelajaran sebuah sistem dan komponen-komponennya sebagai prasyarat sistem desain sistem, spesifikasi sebuah sistem yang baru dan diperbaiki. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Utami, T. (2013). Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Punung. Surakarta: Uneversitas Surakarta.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Downloads

Published

2022-10-07

Issue

Section

Articles