Implementasi Model Rapid Application Development (RAD) Pada Sistem Informasi Akademik

Authors

  • Samsoni Samsoni Universitas Pamulang
  • Agung Perdananto Universitas Pamulang
  • Yudi Kurniawan Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Informasi Akademik, Siswa, Model Rapid Application Development (RAD)

Abstract

Sistem informasi akademik merupakan suatu sistem yang dibangun untuk membantu pihak institusi pendidikan dalam mengolah data akademik para peserta didiknya seperti data guru, data siswa, data nilai dan data administrasi. Sistem ini digunakan untuk mengefisienkan waktu serta mempermudah pihak terkait dalam mengolah serta menampilkan informasi. Sekolah harus dapat mengikuti perkembangan teknologi dan kemampuan mengakses serta menyajikan informasi sehingga dapat dipertanggung jawabkan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Sekolah yang belum memiliki sistem informasi akademik, akan mengakibatkan siswa mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi tentang jadwal, materi dan juga nilai, serta sistem pengolah data yang belum terintegrasi akan menyebabkan kesulitan dalam proses pencarian data jika sewaktu dibutuhkan.

Model Rapid Application Development (RAD) merupakan model proses perkembangan software sekuensial linier yang menekan siklus perkembangan yang sangat pendek, Rapid Application Development (RAD) adalah adaptasi dari model air terjun kecepatan tinggi model ini memiliki kelebihan adalah lebih fleksibel karena pengembang dapat melakukan proses desain ulang pada saat yang bersamaan, Bisa mengurangi penulisan kode yang kompleks karena menggunakan wizard dan keterlibatan user semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Rapid Application Development (RAD) pada sistem informasi akademik agar memudahkan siswa dalam mendapatkan informasi tentang jadwal, materi dan juga nilai, serta membuat sistem pengolah data yang terintegrasi agar proses pencarian data lebih mudah dilakukan.

 

Keyword: Sistem Informasi Akademik, Siswa, Model Rapid Application Development (RAD)

References

C. P. Paramitha, M. Risnasari, and S. D. Saputro, “Pengembangan Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Java Desktop Di Sma Darul Kholil Bangkalan,†J. Ilm. Edutic, vol. 4, no. 2, pp. 63–70, 2018.

R. Kamdani and B. Agustian, “Perancangan Sitem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Menentukan Guru Terbaik Berbasis Web Di SMK Ki Hajar Dewantoro | Kamdani | Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (JOAIIA),†J. Artif. Intell. Innov. Appl., vol. 3, no. 2, pp. 140–145, 2022, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JOAIIA/article/view/18731/0.

R. V. Imbar and R. Kurniawan, “Perancangan Aplikasi Absensi Laboratorium Komputer dengan Menggunakan Sistem Verifikasi Pengguna di Universitas Kristen Maranatha,†J. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 37–45, 2006.

R. A. Azis and N. Ratama, “RANCANG BANGUN SISTEM APLIKASI PENDAFTARAN DAN PENGELOLAAN SEMINAR ONLINE BERBASIS WEB ( STUDI KASUS : UNIVERSITAS PAMULANG ),†vol. 2, no. 2, pp. 162–166, 2021.

Annisah, “USULAN PERENCANAAN SMART CITY : SMART GOVERNANCE PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MUKOMUKO * Smart City Planning Proposal : Smart Governance for Regional Government of Mukomuko Regency,†J. Masy. Telemat. dan Inf., vol. 8 No.1, pp. 59–80, 2017.

N. Ratama, “Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android,†J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, pp. 177–183, 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i2.848.

J. Pardede, M. Gustiana Husada, and R. Riansyah, “Implementasi Dan Perbandingan Metode Okapi BM25 Dan PLSA Pada Aplikasi Information Retrieval,†no. April, pp. 1–10, 2015.

R. A. Wiryawan and N. R. Rosyid, “Pengembangan Aplikasi Otomatisasi Administrasi Jaringan Berbasis Website Menggunakan Bahasa Pemrograman Python,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, pp. 741–752, 2019.

Munawaroh, “Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto,†J. Inform. J. Pengemb. IT Poltek Tegal, vol. 03, no. 02, pp. 184–189, 2018.

M. Niki Ratama, “Implementasi Metode Kriptografi dengan Menggunakan Algoritma RC4 dan Steganografi Least Significant Bit Dalam Mengamankan Data Berbasis Android,†vol. 6, no. April, pp. 1272–1281, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.3902.

Downloads

Published

2022-11-08

Issue

Section

Articles