Perancangan Sistem Aplikasi Bank Soal pada Ujian Online Berbasis WEB (Studi Kasus : SMA NEGERI 1 CIBEBER)

Authors

  • Munawaroh Munawaroh
  • Deuis Nurpala

Abstract

Proses ujian dan penilaian dengan metode menuliskan jawaban pada selembar kertas membutuhkan waktu yang tidak sedikit, karena guru harus memeriksa lembar soal secara satu – persatu. Bank soal sebagai kumpulan yang relative besar, yang mempermudah dalam memperoleh pertanyaan-pertanyaan penyusun tes. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap kurang efektifnya proses ujian dan penilaian dengan metode konvensional, mempermudah guru memeriksa hasil ujian dan mengurangi lahan untuk arsip soal. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode pengembangan sistem waterfall, tahapan – tahapan yang terdapat pada metode pengembangan sistem waterfall terdiri dari analisis, design, coding dan implementasi. Aplikasi Bank Soal Berbasis Web membuat kegiatan menjawab soal dan penilaian terhadap hasil ujian terkomputerisasi, sehingga data – data soal dan nilai dapat di simpan dalam komputer.

References

N. Ratama, “Satin – Sains Dan Teknologi Informasi Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning Untuk Mendukung,†Satin – Sains Dan Teknol. Inf., Vol. 5, No. 2, Pp. 59–67, 2019.

Munawaroh, “Satin – Sains Dan Teknologi Informasi Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar,†Satin – Sains Dan Teknol. Inf., Vol. 5, No. 2, Pp. 17–24, 2019.

Ibadurrahman, I. (2018). Aplikasi Bank Soal Beserta Pembahasan Untuk Try Out Berbasis Website.

Nufryana, N. (2012). Sistem Informasi Bank Soal Try Out SMP Berbasis Web.

Rachmaningrum, F. A. (2017). Pengembangan Ujian Online Berbasis Bank Soal Pada Mata Pelajaran Sistem Komuter Kelas X TKJ Di SMK Negeri 1 Surabaya.

N. Ratama, “Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android,†J. Inform. J. Pengemb. It, Vol. 3, No. 2, Pp. 177–183, 2018.

Munawaroh, “Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto,†J. Inform. J. Pengemb. It Poltek Tegal, Vol. 03, No. 02, Pp. 184–189, 2018.

Downloads

Published

2020-05-27

Issue

Section

Articles