Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Customer Terbaik Menggunakan Metode WP

Authors

  • Fitri Yanti
  • Jaka Sutresna

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, WP, Customer Terbaik

Abstract

Dalam dunia bisnis sering terjadi berkompetisi dengan rekan bisnis. Tidak hanya SC toko yang ada di Pamulang, sehingga SC perlu berlomba dengan semua pesaingnya supaya SC bisa berkompetisi dan bermanfaat. Untuk mendapatkan pelanggan yang setia dan meningkatkan profit adalah dengan memberikan penghargaan kepada pelanggan setia. Sistem yang berjalan di SC adalah dengan cara pengundian secara random terhadap semua pelanggannya, dalam undian secara random belum tentu akurat dan tepat sasaran. Agar tidak tertinggal oleh para pesaing, maka toko SC juga mencoba memanfaatkan perangkat komputer untuk mendapatkan customer terbaik. Dalam pemanfaatannya SC menggunakan sistem pendukung keputusan dengan metode WP. Sistem ini dibuat untuk menunjang kerja admin dalam pemilihan costumer terbaik di toko SC dan dapat mempercepat proses pemilihan costumer terbaik di toko SC. Dalam pemanfaatan teknologi komputer toko SC membangun sebuah aplikasi memakai sistem pendukung keputusan dengan metode WP pada memilih customer terbaik yang kemudian memberikan hadiah atas kesetiaan pelanggan dalam berbelanja di toko SC. Dengan merancang sistem pendukung keputusan pemilihan Customer Terbaik semoga dapat meningkatkan Penjualan di toko SC.

References

]Yoni D.C., Mustafidah H., “Penerapan metode wp (weighted product) untuk pemilihan mahasiswa lulusan terbaik difakultas teknik universitas

muhammadiyah purwokertoâ€. JUITA vol.4 no.1, 22-27, 2016.

Jalil A., Niagram I.P., Muchtar M., “SPK pemberian kredit menggunakan metode wp (weighted product) pada BMT Mu’amalah

sejahtera kendariâ€. semanTIK vol.3 no.1, 173- 180, 2017.

Arman, sundara T.A., stephene I., Fadli M., “SPK Pemilihan Guru Terbaik Dengan Metode WP pada MAN 1 pariamanâ€. JURNAL INFORMATIKA vol.6 no.2, 310-312, 2019.

Marbun M., Ginting M., Krismoyo B., “Penerapan metode WP penentuan penyidik Terbaik di SAT Narkoba polres deli serdangâ€. JURNAL

SWABUMI vol.8 no.1, 95-99, 2020.

Dewi, R.C.,Astuti, E.S., “Sistem Pendukung Keputusan Pemberi Bonus Tahunan Pada Karyawan Dengan Metode WP†2015 Prosiding Seminar Informatika Aplikatif Polinema 2015., 5(1), 2-5.

Hermawan,J. Membangun Decision Support System. Yogyakarta: CV.Andi Offiset. 2005

Kusumadewi, Sri, Sri Hartati, Agus Harjoko, Retantyo Wardoyo. Fuzzy Multi- Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogjakarta:

Graha Ilmu, 2006.

Downloads

Published

2020-06-24

Issue

Section

Articles