Pengembangan Sistem Absensi pada PT. Permata Indonesia Metode Prototype Berbasis Android

Authors

  • Muhamad Meky Frindo
  • Petricia Oktavia

Keywords:

Pengembangan Sistem, Absensi Pegawai, Android, Prototype

Abstract

PT. Permata Indonesia ini adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa tenaga kerja Outsourching, dan perusahaan ini memiliki banyak karyawan yang dipekerjakan di berbagai bidang dalam perusahaan tersebut. Absensi merupakan hal penting bagi suatu instansi atau perusahaan karena dapat mempengaruhi besarnya gajih atau upah seorang pegawai dan dari absensi juga dapat melihat kinerja satu karyawan yang sering hadir atau tidak. Oleh karna itu sangat di perlukan nya ketelitian dalam pelaksanaa agar tidak menghambat kinerja perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam sistem absensi pegawai ini adalah metode prototype yang meliputi survey sistem, analisa sistem, desain sistem, pengembangan sistem, implementasi sistem dalam sistem ini proses pengolahan data menjadi lebih efektif dan efisien dalam pencarian data pun dijamin akan lebih mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu sistem informasi absensi pegawai yang diharapkan akan membantu kinerja perusahaan khususnya Bidang sumber daya manusia menjadi lebih disiplin dan meminimalisir manipulasi data absen. Setelah diterapakan dengan metode prototype, diperoleh hasil yang cukup maksimal dalam proses pengembangan sistem absensi juga dapat menjadi system ini meminimalisir absen karyawan yang berbentuk fiktif.

References

Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi,†J. Ilmua Foristek, vol. 2 (1), no. 1, pp. 143–152, 2012.

T. S. Adinoto, “Perancangan Absesi Karyawan SMP Negeri 1 Kramat Tegal,†Univ. Dian Nusantoro, 2013.

R. V. Imbar and R. Kurniawan, “Perancangan Aplikasi Absensi Laboratorium Komputer dengan Menggunakan Sistem Verifikasi Pengguna di Universitas Kristen Maranatha,†J. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 37–45, 2006.

U. Rahardja, O. Sholeh, and F. Nursetianingsih, “Penggunaan dashboard untuk mengontrol kinerja profesionalisme pegawai pada Pt . Sinarmas Land Property,†J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 2, pp. 415–418, 2015.

N. Pohan, “Implementasi Barcode untuk Sistem Informasi Absensi pada PT . Coca Cola Distribution Indonesia Pekanbaru,†vol. 2, no. 2, pp. 87–102, 2016.

N. Ratama, Sistem penunjang keputusan dan sistem pakar dengan pemahaman studi kasus. .

N. Ratama, M. Kom, M. Kom, and K. Kecerdasan, Konsep Kecerdasan Buatan Dengan Pemahaman Logika Fuzzy Dan Penerapan Aplikasi. Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia, CV.

K. Li, R. G. Dewar, and R. J. Pooley, “Object-oriented analysis using natural language processing,†Linguist. Anal., 2005.

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles