Rancang Bangun Sistem Aplikasi Penggajian Berbasis Web Dengan Menggunakan Model Waterfall

Authors

  • Wulan Pahira Universitas Pamulang
  • Wasis Haryono Universitas Pamulang

Keywords:

Penggajian, Waterfall, Guru, Staff

Abstract

Sistem informasi penggajian adalah sistem yang dibangun untuk membantu pengelolaan penggajian guru dan staff. Pengolahan data pada perusahaan seperti, proses absensi , input data penggajian dan mencetak laporan dalam sistem berjalan masih menggunakan cara konvensional sehingga tidak efisien. Sehingga dilakukan penelitian sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Pada penelitian ini, peneliti membahas tentang sistem penggajian untuk mempermudah bagian keuangan dalam mengolah data penggajian dan mempermudah guru dan staff dalam melihat rincian penggajian. Sistem penggajian ini berbasis web yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai sistem manajemen basis data. Dengan metode wawancara terstruktur, studi pustaka dan observasi untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan penggajian dalam membangun sistem penggajian. Hasil penelitian adalah pada aspek usability didapatkan persentase sebesar 67.4 % sehingga sistem penggajian dapat mempermudah staff dan guru dalam melihat rincian gaji, melakukan absensi secara online, serta mempermudah staff dalam perhitungan penggajian

References

D. Lestari, “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada PR. Tunas Mandiri Kabupaten Pacitan,†Indonesian Journal on Networking and Security, vol. 3, no. 4, p. 22, Oktober 2014.

G. A. Sukmawati dan D. C. Ramadlan, “PERANCANGAN APLIKASI PENGGAJIAN KARYAWAN PADA PT. ADIKA SAFETAMA TUNGGAL BERBASIS WEB,†ePrints UNPAM, 2017.

N. R. Munawaroh, “Penerapan Teknologi Augmented reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android,†SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 5, 2019.

M. Niki Ratama, “Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning Untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang Dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android,†SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 5, 2019.

M. Niki Ratama, Konsep kecerdasan buatan dengan pemahaman logika fuzzy dan penerapan aplikasi, Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

M. Niki Ratama, “Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Deteksi Dini Autisme Pada Balita Berbasis Android,†JIRE (Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika) , vol. 3, pp. 129-139, 2020.

Downloads

Published

2020-12-12

Issue

Section

Articles