Perancangan Aplikasi Kriptografi Pada Dokumen Pengarsipan Dengan Menggunakan Algoritma Triple Des Berbasis Web

Authors

  • Bagas Putra Pratama Universitas Pamulang
  • Wasis Haryono Universitas Pamulang

Keywords:

Kriptografi, Arsip, Triple DES, PHP.

Abstract

Seiring dengan perkembangannya teknologi dan komunikasi yang begitu pesat, akan memudahkan kita untuk melakukan pertukaran data secara cepat. Namun terkadang keamanan penukaran data tersebut kurang disadari oleh kita. Kurangnya penjagaan aspek keamanan dalam hal pertukaran data tersebut memiliki salah satu dampak perkembangan negatif dalam perkembangan teknologi yaitu ada pencurian data, pencurian data merupakan satu masalah yang paling ditakuti oleh jaringan komunikasi. Dengan adanya pencurian data maka penjagaan aspek keamanan dalam pertukaran informasi serta penyimpanan data dianggap penting. Keamanan sangat dibutuhkan karena banyak data yang bersifat rahasia dan tidak bisa dirubah oleh pihak yang tidak berhak untuk merubahnya.Untuk mengamankan file data tersebut maka dapat menggunakan kriptografi. Oleh karena itu, pengguna file data membutuhkan bantuan untuk keamanan file data yang disimpannya. Dalam hal ini sistem keamanan diperlukan untuk mengamankan file dokumen yang bersifat rahasia. Untuk itu dibuatlah perancangan sistem keamanan dokumen pengarsipan. Proses perancangan sistem keamanan ini dilakukan dengan menggunakan algoritma Triple DES dengan bahasa pemrograman PHP. Dengan adanya sistem keamanan dokumen berbasis web ini, maka dirancang sebuah sistem yang dapat melakukan semua proses keamanan data, pencarian, pengunduhan yang diproses melalui aplikasi berbasis web. Sehingga keamanan, pencarian dan pengunduhan arsip bisa dilakukan dengan mudah, dan pada akhirnya bisa menghasilkan suatu sistem keamanan yang tepat.

References

Susanto, J., & Ilhamsyah, T. R. 2016. APLIKASI ENKRIPSI DAN DEKRIPSI UNTUK KEAMANAN DOKUMEN MENGGUNAKAN TRIPLE DES DENGAN MEMANFAATKAN USB FLASH DRIVE. Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan Volume 04, No.2,1-12.

Saragih, E. D., Hasibuan, N. A., & Bu’ulolo, E. 2018. IMPLEMENTASI ALGORITMA TRIPLE DES DAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD DALAM PENYANDIAN FILE TEKS. Jurnal Majalah Ilmiah INTIVolume 6, Nomor 1, 1-7.

Basim, Z., & Painem, P. 2020. Implementasi Kriptografi Algoritma RC4 Dan 3DES dan Steganografi Dengan Algoritma EOF Untuk Keamanan Data Berbasis Desktop Pada SMK As-Su’udiyyah. Jurnal SKANIKAVOLUME 3, NO 4,1-8.

Delimayanti, M. K., & Sudirko, D. 2015. Perancangan dan Realisasi Aplikasi Berbasis Web untuk Enkripsi dan Dekripsi Data dengan Algoritma 3DES dan Twofish.

Kartika, K. H.PERANCANGAN SISTEM KRIPTOGRAFI PADA DOCUMENT MENGGUNAKAN ALGORITMA TRIPLE DES DAN RSA.Jurnal Inteksis STIMIK Widya Dharma.

M. Niki Ratama, “Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning Untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang Dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android,†SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 5, 2019.

N. R. Munawaroh, “Penerapan Teknologi Augmented reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android,†SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 5, 2019.

Downloads

Published

2020-12-12

Issue

Section

Articles