Rancang Bangun Aplikasi Mata Pelajaran IPA Tata Surya Dengan Menerapkan Teknik Augmented Reality (Studi Kasus: SMP Puspita Bangsa Ciputat)

Authors

  • Desyano Fachri Ramdhani Universitas Pamulang
  • Munawaroh Munawaroh

Keywords:

Augmented Reality, Android, Unity, Vuforia, Tata Surya.

Abstract

SMP Puspita Bangsa adalah salah satu instansi bergerak di bidang pendidikan yang bertempat di Ciputat, Tangerang Selatan. Di sekolah ini pembelajaran IPA Tata Surya belum ada alat peraga 3 dimensi dikarenakan harganya yang cukup mahal sehingga siswa melihat ilustrasi gambar tata surya dari buku saja membuat siswa menjadi pasif dan kurang tertarik. Penelitian ini bertujuan membuat aplikasi Augmented Reality tata suya berbasis android yang terjangkau mudah digunakan membuat siswa lebih aktif dan tertarik dalam belajar IPA Tata Surya. Aplikasi Augmented Reality Tata Surya berbasis Android ini dibuat menggunakan software Unity dan Vuforia dengan metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah waterfall. Berdasarkan implementasi yang dilakukan, aplikasi  Augmented Reality ini telah sesuai dengan kebutuhan, karena dibangun berdasarkan identifikasi kebutuhan dan melakukan pemerikasaan terhadap kebutuhan tersebut.

References

Y. Brian, "Teknologi Augmented Reality Untuk Buku Pembelajaran Hewan pada Anak Usia Dini Secara Virtual," 2012.

S. L. Hananing, "Aplikasi Augmented Reality Tata Surya Sebagai Sarana Pembelajaran Interaktif Bagi Anak Berbasis Android (Studi Kasus Sd Negeri Tajur)," p. 37, 2017.

M. S. M. Ilmawan, "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android," p. 40, 2017.

M. Muhammad, "saintif sistem tata surya," 14 oktober 2020. [Online]. Available: https://saintif.com/sistem-tata-surya/.

N. R. Munawaroh, "Penerapan Teknologi Augmented reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android," SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 5, 2019.

P. Yudha, "Google: Ada 2,5 Miliar Perangkat Android yang Aktif Dipakai," 8 mei 2019. [Online]. Available: https://tekno.kompas.com/read/2019/05/08/13310017/google--ada-2-5-miliar-perangkat-android-yang-aktif-dipakai.

R. S. pressman, "Rekayasa Perangkat Lunak: pendekatan praktisi buku," in Rekayasa Perangkat Lunak: pendekatan praktisi buku, Yogyakarta, Andi, 2015, p. 42.

Palen, "Theory and Problems of Astronomy (Schaum’s Outline Series)," The McGrawHill Companies, 2002.

Widiyansyah, Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity., Manado: Buku AR Online, 2013.

Downloads

Published

2020-12-14

Issue

Section

Articles