Pembuatan Aplikasi Stok Barang Berbasis Web Di Gudang Filter Element Pada PT. Progo Tehnik

Authors

  • Fathia Fathia Universitas Pamulang
  • Ardianto Moenir Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Informasi, Inventory. Web

Abstract

PT. Progo Tehnik adalah perusahaan dagang yang selama ini fokus pada distribusi produk filtrasi, penjernih udara, pengering udara, dan pompa diafragma untuk memenuhi kebutuhan sektor manufaktur. Sehingga barang-barang tersebut rutin dipesan oleh pabrik-pabrik besar seperti pabrik pertambangan dan pabrik industri lainnya. Sayangnya dengan sistem data stok yang masih manual di gudang maka admin yang ada di gudang kesulitan untuk menginformasikan kepada pelanggan dan tim sales tentang ketersediaan barang. Sejak perusahaan ini berdiri, pengolahan datanya masih manual dengan menulis di buku dan membuat tabel secara manual di Excel. Dan data tersebut dibagikan sebulan sekali melalui email gudang ke email utama perusahaan. Karena dalam satu hari selalu ada barang yang keluar untuk dipasok, sehingga data yang tercantum di Excel tidak sesuai dengan stok sebenarnya. Banyak kesalahan dalam pencatatan barang yang masuk dan keluar gudang. Dengan permasalahan yang semakin kompleks yang dihadapi, PT. Progo Tehnik membutuhkan teknologi informasi yang dapat membantu pengoperasian stok barang di gudang, yang bertujuan untuk menjamin data yang benar, jumlah yang tepat, dan lebih cepat. Berdasarkan hasil analisis maka sistem yang akan dirancang meliputi sistem barang masuk dan keluar serta stok aktual.

References

Adita Ayu Prawiyanti, R. A. (2013). Perancangan Sistem Informasi Inventaris Program Studi Teknik Informatika Universitas Surakarta. Retrieved from Jurnal Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer, Surakarta.

Agusvianto, H. (2017). Sistem Informasi Inventory Gudang untuk Mengontrol Persediaan Barang pada Gudang Studi Kasus PT. Alaisys Sidoarjo. Retrieved from Jurnal Information Engineering and Educational Technology JIEET. Universitas Negeri Surabaya

Dharwiyanti, S. d. (2003). Pengantar Unifield Modelling Language (UML). Retrieved from Ilmu Komputer, Jakarta.

Fathansyah. (2012). Pengertian Basis Data. Retrieved from Bandung

Fatim, N. (2015). Perancangan Sistem Inventory Sparepart Mesin Fotocopy dengan Menggunaan Visual Delphi 7. Retrieved from Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, Yogyakarta.

Hasugian, S. (2012). Logic Record Structure. Retrieved from Medan

Ratama N, Munawaroh. Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android. SATIN – Sains dan Teknol Inf. 2019;5(2):59-67.

Okta Veza, M. Ropianto (2017). Perancangan Sistem Informasi Inventory Data Barang Pada PT. Andalas Berlian Motors. Retrieved from Jurna Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), Vol. 2, No. 2, ISSN: 2541-2647

Kadir, A. (2003). Dasar Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Retrieved from Yogyakarta.

Kadir, A. (2013). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi . Retrieved from Yogyakarta.

Minarni. (2014). Konsep Dasar Inventory atau Pesediaan. Retrieved from Jakarta.

Nono Sudarsono, S. (2015). Sistem Informasi Inventory Berbasis Web di PT. Autotech Indonesia. Retrieved from Jurnal Eksplora Informatika, Tasikmalaya.

Nugroho. (2010). Unifield Modeling Language. Retrieved from Yogyakarta.

Peranginnangin. (2006). Pengertian PHP Hypertext Proprocessor. Retrieved from Yogyakarta

Rosa, S. (2014). Pengujian Black Box. Retrieved from Bandung.

Saputra. (2012). Metode Pengembangan Sistem Model Waterfall. Retrieved from Yogyakarta

Sriadhi. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Inventaris Berbasis Mulitimedia Akses Online. Retrieved from Jurnal Sistem Informasi (JSI). Universitas Negeri Medan

Sukanto, S. (2013). Kompenen Diagram UML. Retrieved from Bandung

Tata Sutabri, S. M. (2005). Sistem Informasi Manajemen. Retrieved from Jakarta.

Munawaroh, Ratama N. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android. Satin. 2019;5(2):17-24.

Ratama N. Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android. J Inform J Pengemb IT. 2018;3(2):177-183. doi:10.30591/jpit.v3i2.848

Downloads

Published

2021-02-17

Issue

Section

Articles