Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Organ Dalam Tubuh Manusia Berbasis Android

Authors

  • Mauludin Yusup Suyudi Universitas Pamulang
  • Fitri Yanti Universitas Pamulang
  • Jaka Sutresna Universitas Pamulang

Keywords:

Tubuh Manusia, Android, AR, Augmented Reality.

Abstract

Pengetahuan biologi tentang organ dalam tubuh manusia merupakan pengetahuan yang penting dipelajari. Pengetahuan mengenai organ dalam tubuh manusia sudah di berikan saat jenjang pendidikan sekolah dasar, yang tentu saja pengetahuan ini sangat penting dimana mengingat dan mempelajari organ dalam tubuh manusia dapat memantu dalam memahami ragam proses metabolisme yang ada di dalam tubuh. Pengetahuan ini akan selalu diberikan hingga jenjang pendidikan menengah ke atas, meski seperti itu banyak sekali sekolah-sekolah yang tidak memadai untuk visualisasi mengenai gambaran-gambaran organ dalam tubuh manusia secara langsung, yang mampu menunjang pengetahuan dan juga sistematis kerja dari organ dalam tubuh manusia itu sendiri. Dari permasalahan diatas, muncullah sebuah ide dan gagasan untuk membuat suatu aplikasi berbasis Augmented Reality, yang mampu memberikan gambaran visualisasi secara 3 dimensi dan memberikan informasi langsung di setiap fungsi organ dalam tubuh manusia itu sendiri. Metodologi yang digunakan adalah metodologi waterfall, bahasa yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak ini menggunakan bahasa C#. Setiap objek 3D organ dalam tubuh manusia yang dimunculkan menggunakan perangkat lunak Blender. Aplikasi ini digunakan untuk menunjang pembelajaran mengenai organ dalam tubuh manusia, siswa-siswi (user) melakukan pencarian ke arah organ dalam tubuh yang tersedia dan sistem yang akan mengolah interaksi dari siswa-siswi (user) dan memberikan umpan balik berupa informasi dan juga tampilan objek 3D dari organ dalam yang dipilih.

References

H. S. P. Eric Nur Romadhon, Hengky Anra, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Virus Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas X Sma (Studi Kasus : Sma Negeri 7 Pontianak),†J. Sist. dan Teknol. Inf., 2017.

R. E. Saputro and D. I. S. Saputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality,†J. Buana Inform., 2015, doi: 10.24002/jbi.v6i2.404.

A. A. Lestari, R. D. Nyoto, and A. S. Sukamto, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK PENGENALAN ALAT INDRA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKER,†J. Sist. dan Teknol. Inf., 2018, doi: 10.26418/justin.v6i1.23740.

J. Sutresna, F. Yanti, and A. E. Safitri, “Media Pembelajaran Matematika Pada Usia Dini Menggunakan Augmented Reality,†JUSTIN J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 08, no. 4, pp. 424–429, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i4.

Y. A. Saputra, “Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Fosil Purbakala Museum Geologi Bandung,†Tek. Inform. – Univ. Komput. Indones. J. Ilm. Komput. dan Inform. ( KOMPUTA ), 2016.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),†J. Ilmu Komput. dan Inform., 2018.

F. Yanti and J. Sutrisna, “Perbandingan Saham Hang Seng dan Nikkei Menggunakan Algoritma Hebbian,†J. Inform. Univ. Pamulang, 2017, doi: 10.32493/informatika.v2i1.1499.

W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,†STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., 2018, doi: 10.30998/string.v3i2.3048.

T. Hidayat and H. D. Putri, “Pengujian Portal Mahasiswa pada Sistem Informasi Akademik ( SINA ) menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis,†J. Inform. Pengemb. IT, 2019.

T. A. Ananda, N. Safriadi, and A. S. Sukamto, “Penerapan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Mengenal Planet-Planet di Tata Surya,†J. Sist. dan Teknol. Inf., 2015.

R. A. Ahmadi, J. Adler, and S. L. Ginting, “Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Gerakan Shalat,†Pros. Semin. Nas. Komput. dan Inform., 2017.

N. Kurniawan, “PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN PNEUMATIK DI SMK,†J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., 2017, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v14i2.10443.

J. Sutresna, “Perancangan Sistem Formulir Pelayanan Kedukaan Online Menggunakan Metode Web Base Engineering pada PT. Abadi Cahaya Universal (Rumah Duka Abadi) Jakarta,†J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 2, no. 2, p. 108, 2017, doi: 10.32493/informatika.v2i2.1513.

Munawaroh, Ratama N. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android. Satin. 2019;5(2):17-24.

Ratama N, Munawaroh. Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android. SATIN – Sains dan Teknol Inf. 2019;5(2):59-67.

Downloads

Published

2021-02-17

Issue

Section

Articles