Rancang Bangun Sistem Penunjang Keputusan Pemberian Beasiswa di SMP Islam Assa'adah Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

Authors

  • Abdul Aziz Universitas Pamulang
  • Yasser Arafat Universitas Pamulang

Keywords:

SAW, Sistem Penunjang Keputusan, Beasiswa

Abstract

SMP Islam Assa’adah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang memiliki banyak siswa dari semua kalangan. Tidak sedikit dari para siswa tersebut yang memiliki kendala dalam perekonomian. Oleh karena itu, SMP Islam Assa’adah memberikan bantuan untuk para siswa dalam bentuk beasiswa. Beasiswa merupakan tunjangan yang diberikan kepada siswa sebagai bantuan biaya belajar. Pemberian beasiswa kepada siswa merupakan permasalahan yang sangat penting bagi pihak sekolah karena menyangkut kelanjutan dari pendidikan siswa-siswa tersebut. Untuk menentukan yang berhak mendapat beasiswa tersebut, pihak sekolah harus mempertimbangkan banyak faktor. Untuk dapat memberikan hasil penilaian yang optimal pada setiap calon penerima beasiswa dengan tetap mempertimbangkan semua kriteria penilaian, salah satu metode yang dapat digunakan adalah Simple Additive Weighting (SAW). Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode SAW akan memudahkan pihak sekolah dalam menentukan keputusan terhadap calon penerima beasiswa dengan lebih efektif dan efisien. Untuk melakukan perhitungan segala kriteria dalam pengambilan keputusan ini, dilakukan dengan alat bantu sebuah aplikasi yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql sebagai basis data.

References

I Gede Ary Candra, P., I Gusti Wayan Murjana, Y. & Ni Luh, K., 2017. Pengaruh Faktor Ekonomi, Sosial dan Demografi Terhadap Pendidikan Anak Nelayan di Kabupaten Badung. Jurnal Kependudukan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, XIII(1), pp. 51-58.

Nugroho, S., 2014. Pengaruh Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen, XXIX(2), pp. 195-202.

Wanto, A. & Damanik, H., 2015. Analisis Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Terhadap Seleksi Penerima Beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) Pada Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Prosiding Seminar Nasional Rekayasa (SNTR) II, II(25), pp. 232-333.

Ratama N, Munawaroh. Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android. SATIN – Sains dan Teknol Inf. 2019;5(2):59-67.

Ratama N, Kom M, Kom M, Kecerdasan K. Konsep Kecerdasan Buatan Dengan Pemahaman Logika Fuzzy Dan Penerapan Aplikasi. Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia, CV.

Munawaroh. Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto. J Inform J Pengemb IT Poltek Tegal. 2018;03(02):184-189.

Setiawan, T. B., 2015. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Penerima Beasiswa dengan Metode Simple Additive Weighting Berbasis Java Desktop Application. 1st ed. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sommerville, I., 2015. Software Engineering. 10th ed. USA: Pearson Higher Ed USA.

Downloads

Published

2021-02-17

Issue

Section

Articles