Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Jasa Pernikahan Berbasis Website Pada Toko Maula Wedding

Authors

  • Misbahul khoir Universitas Pamulang
  • Dimas Abisono Punkastyo Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen, Produk Jasa Pernikahan, Framework CodeIgniter, Waterfall.

Abstract

Sistem informasi manajemen merupakan bagian penting didalam menjalani sebuah usaha, karna dianggap mampu membantu para pemilik usaha didalam mengelola dan mempromosikan usahanya. Toko Maula Wedding adalah sebuah usaha dibidang jasa pernikahan. Pada Toko Maula Wedding sendiri masih sangat kesulitan didalam memberikan informasi produknya kepada pelanggan, transaksi yang dilakukan pun dengan cara pembeli/pelanggan datang langsung ke Toko Maula Wedding atau online via whatsapp, sehingga sering terjadinya kesalahan dan duplikasi data didalam pencatatan data laporan pemesanan, karena semua pencatatan data transaksi masih dicatat dalam pembukuan sehingga kurang akurat. Serta banyaknya nota transaksi dan bukti transaksi yang menumpuk, tentu hal tersebut dapat menyulitkan Toko Maula Wedding didalam mencari data transaksi yang dibutuhkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah sistem informasi manajemen berbasis website dengan menggunakan Framework CodeIgniter. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode (waterfall) dan perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language). Hasil dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah sistem informasi manajemen berbasis website agar dapat membantu Toko Maula Wedding didalam mengelola dan mempromosikan usahanya, serta membantu mempermudah pembeli/pelanggan didalam mengakses informasi dan melakukan transaksi pemesanan produk pada Toko Maula Wedding.

References

M. F. Roziq, M. A. Murtadho, and C. K. Anugrah, “Model Sistem Informasi Manajemen Pada Percetakan Online,†vol. 3, no. 1, pp. 43–50, 2020.

F. Ayu and N. Fitri, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Wedding Organizer Online,†J. Intra-Tech, vol. 3, no. 2, pp. 92–104, 2019.

H. P. Raisa, R. Sastra, and N. Musyaffa, “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Wedding Organizer Lili Vicky Decoration,†J. Khatulistiwa Inform., vol. 6, no. 2, pp. 126–133, 2018, doi: 10.31294/khatulistiwa.v6i2.155.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

M. Muslihudin and Oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Andi, 2016.

F. Ramdani, Ilmu Geoinformatika: Observasi Hingga Validasi. Malang: UB Press, 2018.

Ratama N. Sistem Penunjang Keputusan Dan Sistem Pakar Dengan Pemahaman Studi Kasus.

Ratama N, Munawaroh. Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android. SATIN – Sains dan Teknol Inf. 2019;5(2):59-67.

Ratama N, Kom M, Kom M, Kecerdasan K. Konsep Kecerdasan Buatan Dengan Pemahaman Logika Fuzzy Dan Penerapan Aplikasi. Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia, CV.

Munawaroh. Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto. J Inform J Pengemb IT Poltek Tegal. 2018;03(02):184-189.

Downloads

Published

2021-02-17

Issue

Section

Articles