Aplikasi Patroli Satuan Pengamanan Menggunakan Teknik QR Code Berbasis Android (Studi Kasus: PT Elnusa Tbk.)

Authors

  • Dwi Bayu Aji Universitas Pamulang
  • Niki Ratama Universitas Pamulang

Keywords:

Guard Tour System, Pemindaian, Kode QR, Pamulang University

Abstract

Satpam memiliki tugas, salah satunya adalah patroli yaitu kegiatan untuk memastikan bahwa kondisi area tersebut aman. Patroli menggunakan guard tour system, yaitu alat perekam aktivitas patroli yang dapat merekam data hasil pindaian untuk diolah kembali menjadi informasi baru. Mahalnya harga alat tersebut membuat perusahaan enggan untuk pengadaan alat dalam jumlah yang banyak. Jumlah perangkat yang tidak sebanding dengan area menyebabkan pencatatan aktivitas tidak berjalan di semua area. Dengan menggunakan model waterfall untuk pembuatan aplikasi patroli. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi ini adalah Java Android dengan menggunakan Android Studio dan pengujian sistem yang digunakan menggunakan pengujian black box dan kuesioner. Berhasil dibuat aplikasi yang dapat membantu merekam kegiatan patroli satpam.

References

Kepolisian Negara Republik Indonesia, Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, 2020, p. 3.

PT Elnusa Tbk., “About Us: History,†17 September 2020. [Online]. Available: https://elnusa.co.id/.

Menteri ESDM, Keputusan Menteri ESDM No. 3407 K/12/MEM/2012 Tentang Penetapan Obyek Vital Nasional Di Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta: Kementerian ESDM, 2012.

F. Ferziandhani, B. Kurniawan dan E. , “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tindakan Tidak Aman (Unsafe Act) Pada Pelaku Selfie Diatas Gedung Bertingkat Jakarta,†KESEHATAN MASYARAKAT, 2016.

R. S. Pressman, Software Engineering: A Practisioners Approach, Eight Edition, New York: c Graw Hill Education., 2009.

R. Susanto dan A. D. Andriana, “Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping untuk Pengembangan Sistem Informasi,†Majalah Ilmiah UNIKOM, p. 45, 2016.

A. Rahman, M. H. Ramdhani, S. G. Partiwi dan A. Maryani, “Perancangan Aplikasi Patroli Keamanan dan Keselamatan Kampus,†Jurnal Teknik Industri ITN Malang, pp. 1-6, 2018.

V. S. Gunawan, A. A. E. Sinsuw dan A. M. Sambul, “Location-Based Information Berbasis QR Code untuk Tourism,†E-Jurnal Teknik Informatika Vol.14 No.1, pp. 1-9, 2018.

W. W. Widiyanto, “Analisa Metodologi Pengembangan Sistem dengan Perbandingan Model Perngkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall development Model , Model Prototype, dan Model Rapid Applicatian,†Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta, pp. 1-7, 2018.

M. Niki Ratama, “Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Deteksi Dini Autisme Pada Balita Berbasis Android,†JIRE (Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika) , vol. 3, pp. 129-139, 2020.

M. Niki Ratama, Konsep kecerdasan buatan dengan pemahaman logika fuzzy dan penerapan aplikasi, Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

M. Niki Ratama, “Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning Untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang Dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android,†SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 5, 2019.

N. R. Munawaroh, “Penerapan Teknologi Augmented reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android,†SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 5, 2019.

Downloads

Published

2021-02-18

Issue

Section

Articles