Rancang Bangun Informasi Pengelolaan Data Ziswaf Berbasis Web Pada Lembaga Dompet Dhuafa Republika

Authors

  • Ardianto Moenir Universitas Pamulang
  • Krismada Herdyanti Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Informasi, E-Raport, Web, Metode Waterfall

Abstract

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang berdimensi sosial dalam rangka menciptakan kesejahteraan sosial secara kolektif. Islam mengatur seluruh tata berkehidupan manusia baik habluminallah maupun habluminannas. Dalam kehidupan dunia ini banyak sekali perintah-perintah Allah yang harus dilaksanakan, di antaranya adalah perintah membayar zakat, infak, dan sedekah hukumnya wajib dan harus bagi yang mampu. Pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, menyatakan pada pasal 1 poin 8 disebutkan bahwa Lembaga Amil Zakat (LAZ) merupakan lembaga yang dibentuk masyarakat yang memiliki tugas membantu pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat. Dompet Dhuafa Republik merupakan salah satu Lembaga Amil Zakat di Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf) dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi muzaki dalam melaksanakan kewajibannya serta membantu mustahik untuk menyejahterakan hidupnya. Dari penelitian ini menghasilkan aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Dana ZISWAF berbasis Web yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database servernya, yang diharapkan dapat membantu dalam mengelola data zakat sehingga dapat mempercepat proses transaksi donasi dan penyampaian laporan data itu sendiri.

References

T. S. Adinoto, “Perancangan Absesi Karyawan SMP Negeri 1 Kramat Tegal,†Univ. Dian Nusantoro, 2013.

I. M. Dhomas Hatta Fudholi, Rahadian Kurniawan, Dimas Panji Eka Jalaputra, “Pengembangan Aplikasi Virtual Reality dengan Model ADDIE untuk Calon Tenaga Pendidik Anak dengan Autisme,†vol. 1, no. 10, 2021.

T. A. Kurniawan, “Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 77, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201851610.

A. Husain, “Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintech Berkah Abadi,†Antimicrob. Agents Chemother., vol. 1, no. 2, pp. 116–127, Dec. 2017, doi: 10.1128/AAC.03728-14.

N. Ratama, Sistem penunjang keputusan dan sistem pakar dengan pemahaman studi kasus. .

N. Ratama and Munawaroh, “Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android,†SATIN – Sains dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 59–67, 2019.

Munawaroh and N. Ratama, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android,†Satin, vol. 5, no. 2, pp. 17–24, 2019.

A. Nanthaamornphong, J. Carver, K. Morris, and S. Filippone, “Extracting UML Class Diagrams from Object-Oriented Fortran : ForUML,†vol. 2015, 2015.

Downloads

Published

2021-02-25

Issue

Section

Articles