Menciptakan Generasi Produktif Bermental Wirausaha Melalui Pelatihan Bisnis Online Bagi Siswa/I Kelas XII SMK Ekonomika Depok
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i1.17868Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang wirausaha; pemahaman atas cara memulai bisnis online; pemahaman tantangan dan ancaman dalam bisnis online, serta pemahaman tentang menarik minat calon pembeli pada marketplace. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan teknik penyuluhan (pemaparan materi) dan diskusi. Materi kegiatan mengenai adanya peluang berwirausaha di masa pandemi Covid-19 sebagai strategi menarik minat siswa-siswa SMK untuk menyalurkan ide kedalam bisnis online yang dapat menghasilkan keuntungan, sehingga akan banyak terciptanya generasi produktif yang bermental wirausaha yang nantinya dapat diterapkan dan ditularkan ke masyarakat luas. Target materi pada kegiatan penyuluhan PMKM tercapai dengan cukup baik, dapat dilihat dari hasil pemahaman dari materi kegiatan. Untuk menerapkan hasil dari kegiatan masih diperlukan penanaman nilai-nilai yang menjadi potensi sikap dan kepribadian dalam berwirausaha perlu ditingkatkan dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai percaya diri, kreativitas, keberanian mengambil resiko, berorientasi pada hasil, kepemimpinan, dan kerja keras dalam pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan yang berorientasi pada praktek, studi kasus, dan mendatangkan narasumber dari dunia usaha dan dunia industri.
Kata Kunci: Produktif, Wirausaha, Bisnis Online, Siswa
Community service activities are held with the aim of providing an understanding of entrepreneurship; understanding of how to start an online business; understanding of challenges and threats in online business, and understanding of attracting potential buyers to the marketplace. The implementation of community service activities is carried out with counseling techniques (material presentation) and discussion. Activity material regarding the existence of entrepreneurship opportunities during the Covid-19 pandemic as a strategy to attract vocational students to channel ideas into online businesses that can generate profits, so that there will be many productive generations with an entrepreneurial mentality that can later be applied and transmitted to the wider community. The target material for the PMKM extension activity was achieved quite well, it can be seen from the results of understanding of the activity material. To implement the results of the activity, it is still necessary to inculcate values that become potential attitudes and personalities in entrepreneurship, which need to be improved by integrating the values of self-confidence, creativity, courage to take risks, results-oriented, leadership, and hard work in learning entrepreneurship subjects. practice-oriented, case studies, and bring in speakers from the business world and the industrial world.
Keywords: Productive, Entrepreneur, Online Business, StudentReferences
Haryadi, R. N., Anda Rojali, Khumidin, & M. Fauzan. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.3
Meredith, Geoffrey G., Nelson, Robert E., and Neck, Philip, A. (2000). The Practice of Entrepreneurship. Geneva, International Labour Office
Rachbini, D.J. (2001), Pengembangan Ekonomi & Sumber Daya Manusia, Penerbit Grasindo, Jakarta.
Sunarsi, D., et al. (2021). Penyuluhan Wirausaha Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas Desa Mekarsari Kabupaten Bogor. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).