Motivasi Untuk Membangkitkan Semangat Pelaku Umkm Kelurahan Buaran Yang Terdampak Pandemi Covid 19

Authors

  • Quliah Alfendah Universitas Pamulang
  • Muhammad Syahid Kadir Universitas Pamulang
  • Martina Gracia Nauli Sibarani Universitas Pamulang
  • Riki Haryono Universitas Pamulang
  • Leni Dwiyarti Universitas Pamulang
  • Nanang Qosim Yusuf Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i1.17871

Abstract

Data yang didapatkan adanya BI meluncurkan hasil riset kepada UMKM dan hasilnya adalah 87,5 % UMKM berdampak langsung Covid 19, sementara 12, 5 % yang kebal terhadap dampak Covid 19 ini, hal ini menunjukan bahwa rata-rata UMKM belum siap menghadapi pandemi yang belum selesai ini, salah satunya adalah UMKM yang berada di Wilayah Tangerang Selatan.  Motivasi, hadir dari dalam diri dan hati setiap insan. Ialah kemauan untuk melakukan sesuatu bukan hanya berdasar pada faktor ekternal seperti imbalan atau pujian, melainkan muncul karena seseorang insan memang benar-benar ingin melakukan suatu tindakan. Tanpa adanya dorongan ataupun paksaan dari luar sekalipun, ia akan tetap terus berusaha demi mencapai tujuan yang diinginkan. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat yang diperoleh adalah bertambahkan keilmuan bagi para pelaku UMKM di kelurahan Buaran Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan agar memiliki pandangan yang lebih baik bagaimana menerapkan ilmu manajemen khususnya dalam membangkitkan motivasi diri, sehingga Motivasi Untuk Membangkitkan Semangat Pelaku UMKM Kelurahan Buaran Yang Terdampak Pandemi COVID 19 dapat berjalan dengan baik. Ilmu yang diperoleh pada pengabdian kepada masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi kita dalam menyampaikan materi dan motivasi serta berkontribusi bagi para UMKM, untuk kemajuan usahanya.

Kata Kunci: Motivasi, Covid 19, UMKM, Manajeman SDM

 

The data obtained by BI launching research results to UMKM and the results are that 87.5% UMKM have a direct impact on Covid 19, while 12.5% are immune to the impact of Covid 19, this shows that on average UMKM are not ready to face a pandemic that has not yet occurred. After this completion, one of them is UMKM in the South Tangerang Region. The existence of motivation in a person is very important, especially for employees. Strength and willingness to do something such as work can usually appear on its own when Motivation can also be called a reason, which is formed from two sources, namely oneself and the environment or internal factors and external factors. Of the two, the strongest motivation comes from oneself. The will to do something is not only based on external factors such as rewards or praise, but arises because someone really wants to do an action. Even without any external encouragement, he will keep trying to achieve the desired goal The results of community service obtained are increasing knowledge for UMKM in the Buaran sub-district, Kec. Serpong, South Tangerang City in order to have a better view of how to apply management knowledge, so that the motivation to awaken the spirit of Entrepreneurship in Buaran Village Affected by the COVID-19 Pandemic can run well. The knowledge gained in community service this time is expected to be able to provide new enthusiasm for us in conveying material and motivation as well as contributing to UMKM, for the progress of their business.

Keywords: Motivation, UMKM, Management, Human Resource, Covid 19

References

Bank Indonesia 2021. “Krisis Kemanusiaan Covid-19 dan Implikasinya Pada Tatanan Perekonomian Global “, diakses dari https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/Documents/3_LPI2020_BAB1.pdf

Bisnis Indonesia. 2020. “Sektor UMKM jadi Kunci Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemiâ€, diakses dari https://ekonomi.bisnis.com/read/20201012/9/1303691/sektor-umkm-jadi-kunci-pemulihan-ekonomi-di-tengah-pandemi

Cleaveland Clinic. 2020. “Managing Seasonal Depression During the Pandemicâ€, diakses dari https://newsroom.clevelandclinic.org/2020/10/09/managing-seasonal-depression-during-the-pandemic/

Effendy, A. A., et al. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714.

Haryadi, R. N., et al (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.3

Hasibuan, S.P Malayu .2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

IPEMI 2011. “Tentang IPEMI†diakses dari http://etheses.iainkediri.ac.id/1242/3/931316514-BAB%20II.pdf

Kompas. 2015. “Tahun 2020, Volume Bisnis E-Commerce di Indonesia Mencapai USD 130 Miliarâ€, diakses dari https://biz.kompas.com/read/2015/11/20/101500128/Tahun.2020.Volume.Bisnis.E-commerce.di.Indonesia.Mencapai.USD.130.Miliar.

Pemdes Karangraja. 2020. “PKK Pengertian, Tujuan, Sasaran, dan Program. https://www.pemdeskarangraja.com/pkk-pengertian-tujuan-sasaran-dan-program

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles