Memperkenalkan dan Memajukan Pendidikan pada Usia Dini Bagi Siswa TKQ/TPQ Adz-Dzikri
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i3.23713Abstract
Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa ini adalah untuk memberikan serta mensosialisasikan pelatihan penulisan proposal Pengabdian Kepada Masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan terhadap mahasiswa serta mahasiswi dalam menulis proposal Pengabdian Kepada Masyarakat. Titik tujuan kegiatan ini adalah pelajar Sekolah Dasar RW 02 Kebayoran Lama, Grogol Utara, Jakarta Selatan. Metode pengabdian yang diaplikasikan adalah Materi Presentasi yang dikemas dengan apik, singkat, namun jelas serta kegiatan praktik yang memperjelas segala hal yang ada dalam Materi Presentasi. Kegiatan Pengabdian dimulai dari tahap persiapan yakni sosialisasi. Sedangkan untuk pelaksanaan mulai dari penyajian materi, praktik dan kegiatan pendukung lainnya. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah Dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan yang bermanfaat serta telah berhasil dilaksanakan dengan baik dan lancar dan tentunya meningkatkan pengetahauan dan keterampilan peserta menyusun proposal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan mekanisme pengusulan proposal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).
Kata Kunci: Pengabdian Kepada Masyarakat, Memperkenalkan Pendidikan, Memajukan Pendidikan
The purpose of this Student Community Service (PKM) is to provide and socialize training on writing Community Service proposals to increase knowledge, understanding, and skills of students and students in writing Community Service proposals.The purpose of this activity is elementary school students RW 02 Kebayoran Lama, North Grogol, South Jakarta. The service method applied is Presentation Material which is packaged nicely, briefly, but clearly as well as practical activities that clarify everything in the Presentation Material. Service activities start from the preparation stage, namely socialization. As for the implementation, starting from the d of materials, practices and other supporting activities.The results of Community Service activities are able to provide useful understanding and knowledge and have been successfully implemented properly and smoothly and of course improve the knowledge and skills of participants in preparing Community Service proposals (PKM) and the mechanism for proposing Community Service proposals (PKM).
Keywords: Community Service, Introducing Education, Advancing EducationReferences
Firdaus, M. I., Adriansyah, M., Jamaluddin, M., Gultom, I. S., & Fairuza, N. (2021). Pendidikan Kewirausahaan Bagi Anak Didik Pemasyarakatan Di Lembaga PEMLPKA Khusus Anak Kelas II Jakarta. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(4).
Harjianto, P., Janudin, J., Sudiarto, S., Dumilah, R., & Kusmawati, Y. (2022). Menumbuhkan Jiwa Kreatif Pada Anak Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(1).
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.
Rakhmawati, I. (2019). Mengembangkan kecerdasan anak melalui pendidikan usia dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 40-57.
Santoso, A. B., Fatimah, N. R., Davis, N. A., Fauziah, S., Nurlaila, N., & Siregar, R. F. (2021). Motivasi Belajar Dan Manajemen Waktu Untuk Anak Panti Yayasan Mutiara Ibu Nusantara (Yasmin). Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(4).
Satiawati, L., Dalimunthe, Y. K., Hafiz, S. D., Hakim, D., Abdurrosyid, S., & Sugiarti, L. (2022). Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Ilmu Eksakta Pada Pondok Pesantren Fajrussalam Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 16-22.
Sunarsi, D. (2020). Menatap Wajah Pendidikan Indonesia Di Era 4.0: A Book Chapter of Indonesian Lecturer Associations.
Suprihatin, L., & Sunarsi, D. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 78-86.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).