Memahami Pasar Konsumen yang Sesuai Kebutuhan Masyarakat dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Keluarga pada Pemulung Pengumpul Barang Bekas Binaan Yayasan La Tansa Jakarta Selatan

Authors

  • Ahmad Nurhadi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Kartono Kartono Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Panji Galih Kusumo Adie Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i2.29619

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pengumpul/ pemulung barang bekas, pentingnya memahami perubahan pasar konsumen. mempengaruhi konsumen agar bersedia membeli barang dan jasa pada saat mereka membutuhkan. Sebelum kegiatan pemasaran dilakukan, para pengumupul barang bekas harus memahami perilaku konsumen. Diharapkan dari penyuluhan ini akan timbul pengetahuan pemasaran yang tepat ataupun kesempatan baru yang berasal dari belum terpenuhinya kebutuhan serta kemudian mengidentifikasikan untuk mengadakan segmentasi pasar. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membuat keputusan pembelian. Faktor-faktor tersebut sebagian besar tidak dapat dikendalikan oleh pemasaran, tetapi harus diperhatikan, namun secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dibagi menjadi dua bagian yaitu eksternal dan faktor internal.

References

Abdul Manaf , Teori dan Praktek Ekonomi Islam, Jakarta: Rineka, 1995

Abdurrahmat Fatoni, Metodologi Penelitian, Jakarta:Rineka Cipta, 2011

Ambar Tegu Sulistiyani, Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan Yogyakarta : Gava Media, 2017

Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., Setiyawati, N., Pratiwi, A. I., & Saputri, V. G. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. 1–153. www.freepik.com

Basir Barthos, Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pendekatan Makro, Jakarta:Bumi Aksara, 2009

Cholid Narbuko dan Abu Achmad, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017

Dewanti, R. N., et al. (2021). Penyuluhan Dan Pelatihan Keterampilan Sablon Pigment Pasta Manual Di Karang Taruna 03 Desa Cisauk. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(1).

Dr. Aprilia Theresia, NTP, M. Si., et. al. Pembangunan Berbasis Masyarakat, Bandung: Alfabeta, 2014

Drs. Abu Huraerah, M.Si, pengorganisasian dan pengembangan masyarakat, Bandung : Humaniora, 2008

Effendy, A. A., Mas’adi, M., Wicaksono, W., Nurhadi, A., & Murtiyoko, H. (2020). Mewujudkan Generasi Muda Yang Unggul Di Era Globalisasi Dengan Berbekal Ilmu Wirausaha Yang Kreatif, Inovatif Dan Diferensiatif Pada Remaja Masjid Al Hikmah Reni Jaya Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 8. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6268

Eka, P. D., et al. (2020). Pengelolaan Keuangan Ponpes Dalam Rangka Peningkatan Masyarakat Mandiri Di Panti Asuhan Ikhwaniyah Cinta Yatim Dan Dhuafa. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 35-40.

Garry Dessler, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta:Indeks, 2003.

Goris Mustaqim, Heri Mohamad Tohari, Pemuda Membangun Bangsa dari Desa, Bandung: Synersia Publishing, 2010.

Hanny, R., Nurhadi, A. N., Nurismalatri, N., Harsono, Y., & Fitria, J. R. (2020). Pemberdayaan Usaha Kreatif Dengan Manajemen Keuangan Untuk Memaksimalkan Laba Di Rumah Gemilang Indonesia Al Azhar, Sawangan Depok. Dedikasi Pkm, 1(1), 1.

Hidayati, A., Maddinsyah, A., & Sunarsi, D. (2021). Loyalitas Dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Praktik.

Mas, M., Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H. (n.d.). Instagram Customer Behavior Pattern Connectivity Based on Customer Path 5A Advocacy in Purchasing Decision Making. 7820–7828.

Syafaah, L. R. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pendapatan Pemulung di Kota Malang (Studi Kasus: TPA Supit Urang Desa Mulyorejo Kota Malang). Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UB, 2(2), 1–17.

Isbandi Rukminto Adi, Pengembangan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

Paeno, P., et al. (2020). Pemanfaatan Sampah Plastik Untuk Kerajinan Rumah Tangga Taman Belajar Kreatif Mekar Sari. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 57-61.

Prof. Dr. Ir. Totok Mardikanto, M. S., Dr. Ir. H. Poerwoko Soebiato, M.Si., Pemberdayaan masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik, Bandung: Alfabeta, 2017.

Sudarso, A. P. (2017). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada Yayasan Pendidikan Mulia Buana. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 1(1). https://doi.org/10.32493/jjsdm.v1i1.659

Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pendidik Yayasan Marvin. Inovasi, 5(1), 1. https://doi.org/10.32493/inovasi.v5i1.y2018.p1-18

Wicaksono, W., Suyatin, S., Rachmawaty, R., Cahyadi, E., & Adie, P. G. K. (2021). Prinsip Dasar Berwirausaha dan Cara Peminjaman Modal Usaha dari Perbankan Untuk UMKM Pada Wirausaha Pelajar Indonesia Cabang Bogor. Jurnal Peradaban Masyarakat, 1(2), 33–38. https://doi.org/10.55182/jpm.v1i2.83

Downloads

Published

2023-04-13