Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey Pada Café Patroli Kopi Karawang)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.10100

Keywords:

Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan.

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji serta menganalisis tentang Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Café Patroli Kopi Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis verifikatif yakni mengumpulkan, mengemukakan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis, dan membuat kesimpulan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 265 dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Sampel Insidental. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitas data yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, analisis korelasi, analisis jalur, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, koefisien korelasi antara variabel store atmosphere dengan kualitas produk diperoleh nilai sebesar 0,744 yang berarti mempunyai tingkat korelasi yang kuat, positif dan signifikan. Pengaruh secara parsial kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Café Patroli Kopi sebesar 39,6% lebih besar dari pengaruh parsial store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan Café Patroli Kopi yaitu sebesar 25,8% maka bisa dinyatakan bahwa kualitas produk lebih banyak memberikan kontribusi terhadap kepuasan pelanggan dibandingkan store atmosphere. Pengaruh secara simultan store atmosphere dan kualitas produk tehadap kepuasan pelanggan sebesar 65,5% sedangkan sisanya 34,5% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis dengan kriteria uji nilai sig. (0,000) < (0,05) dan f hitung > f tabel (248,772 > 3,030), maka keputusannya adalah Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa Store Atmosphere (X1) dan Kualitas Produk (X2) bersama-sama berkontribusi secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).

Kata Kunci: Store Atmosphere, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan.

Author Biography

Febby Febriani, Universitas Singaperbangsa Karawang

S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi.

References

Aldianto, R. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Atmosphere Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Universitas Lampung.

Barbara Francioni, Elisabetta Savellia , Marco Cioppi (2018). Store satisfaction and store loyalty: The moderating role of store atmosphere. Journal of Retailing and Consumer Services 43, 333-341.

Berman, B., Evans, J. R., & Chatterjee, P. (2018). RETAIL MANAGEMENT (Thirteenth). Pearson Education.

Departemen Pendidikan Indonesia. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Khairusy, M. A., & Febriani, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey pada Pelanggan KFC Store Merdeka Bandung). Jurnal Manajemen Dan Bisnis FEB UNBAJA, 1–12. https://doi.org/2686-0554

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. 14e. In Prentice Hall (Issue 14e). Pearson Education. https://doi.org/10.2307/2548367

Kusumawathi, N. W. G., Darmawan, D. P., & Suryawardani, I. G. . O. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen di Seniman Coffee Studio. E-Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 8(1), 1–10. https://doi.org/2301-65

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.

Lesmana, R., Widodo, A. S., & Sunardi, N. (2020). The Formation of Customer Loyalty From Brand Awareness and Perceived Quality through Brand Equity of Xiaomi Smartphone Users in South Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 1-12.

Levy, M., & Weitz, B. A. (2012). Retailing Management (Eight Edit). McGraw-Hill.

Miswanto, & Angelia, Y. R. (2017). The Influence of Service Quality and Store Atmosphere on Customer Satisfaction. JMK, 19(2), 106–111. https://doi.org/10.9744/jmk.19.2.106

Potter, N. N., & Hotchkiss, J. H. (2012). Food Science (fifth Edit). Chapman and Hall.

Pratminingsih, S. A., Haizam, M., Saudi, M., Surayya, N., & Saudi, M. (2018). Store Atmosphere and Food quality as Determinant Factors in Visiting Traditional Restaurant in Bandung, Indonesia. 7, 287–290.

Priyono, I. (2017). Effect of Quality Products , Services and Brand on Customer Satisfaction at McDonald ’ s. 5(2), 2–5. https://doi.org/10.4172/2375-4389.1000247

Rahman, S. (2019). Menyoal Kontribusi Industri Kuliner sebagai Subsektor Ekonomi Kreatif. Masalembo.Com. htps://www.masalembo.com/2019/menyoal-kontribusi- kuliner.html?m

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi Kedua). Alfabeta.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan : Konsep, Pengukuran & Strategi. Penerbit Andi.

Downloads

Published

2021-06-01