Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey Pada Café Patroli Kopi Karawang)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.10100Keywords:
Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan.Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji serta menganalisis tentang Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Café Patroli Kopi Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis verifikatif yakni mengumpulkan, mengemukakan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis, dan membuat kesimpulan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 265 dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Sampel Insidental. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitas data yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, analisis korelasi, analisis jalur, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, koefisien korelasi antara variabel store atmosphere dengan kualitas produk diperoleh nilai sebesar 0,744 yang berarti mempunyai tingkat korelasi yang kuat, positif dan signifikan. Pengaruh secara parsial kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Café Patroli Kopi sebesar 39,6% lebih besar dari pengaruh parsial store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan Café Patroli Kopi yaitu sebesar 25,8% maka bisa dinyatakan bahwa kualitas produk lebih banyak memberikan kontribusi terhadap kepuasan pelanggan dibandingkan store atmosphere. Pengaruh secara simultan store atmosphere dan kualitas produk tehadap kepuasan pelanggan sebesar 65,5% sedangkan sisanya 34,5% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis dengan kriteria uji nilai sig. (0,000) < (0,05) dan f hitung > f tabel (248,772 > 3,030), maka keputusannya adalah Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa Store Atmosphere (X1) dan Kualitas Produk (X2) bersama-sama berkontribusi secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).
Kata Kunci: Store Atmosphere, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan.
References
Aldianto, R. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Atmosphere Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Universitas Lampung.
Barbara Francioni, Elisabetta Savellia , Marco Cioppi (2018). Store satisfaction and store loyalty: The moderating role of store atmosphere. Journal of Retailing and Consumer Services 43, 333-341.
Berman, B., Evans, J. R., & Chatterjee, P. (2018). RETAIL MANAGEMENT (Thirteenth). Pearson Education.
Departemen Pendidikan Indonesia. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Khairusy, M. A., & Febriani, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey pada Pelanggan KFC Store Merdeka Bandung). Jurnal Manajemen Dan Bisnis FEB UNBAJA, 1–12. https://doi.org/2686-0554
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. 14e. In Prentice Hall (Issue 14e). Pearson Education. https://doi.org/10.2307/2548367
Kusumawathi, N. W. G., Darmawan, D. P., & Suryawardani, I. G. . O. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen di Seniman Coffee Studio. E-Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 8(1), 1–10. https://doi.org/2301-65
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.
Lesmana, R., Widodo, A. S., & Sunardi, N. (2020). The Formation of Customer Loyalty From Brand Awareness and Perceived Quality through Brand Equity of Xiaomi Smartphone Users in South Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 1-12.
Levy, M., & Weitz, B. A. (2012). Retailing Management (Eight Edit). McGraw-Hill.
Miswanto, & Angelia, Y. R. (2017). The Influence of Service Quality and Store Atmosphere on Customer Satisfaction. JMK, 19(2), 106–111. https://doi.org/10.9744/jmk.19.2.106
Potter, N. N., & Hotchkiss, J. H. (2012). Food Science (fifth Edit). Chapman and Hall.
Pratminingsih, S. A., Haizam, M., Saudi, M., Surayya, N., & Saudi, M. (2018). Store Atmosphere and Food quality as Determinant Factors in Visiting Traditional Restaurant in Bandung, Indonesia. 7, 287–290.
Priyono, I. (2017). Effect of Quality Products , Services and Brand on Customer Satisfaction at McDonald ’ s. 5(2), 2–5. https://doi.org/10.4172/2375-4389.1000247
Rahman, S. (2019). Menyoal Kontribusi Industri Kuliner sebagai Subsektor Ekonomi Kreatif. Masalembo.Com. htps://www.masalembo.com/2019/menyoal-kontribusi- kuliner.html?m
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi Kedua). Alfabeta.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan : Konsep, Pengukuran & Strategi. Penerbit Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.