Strategi Pemasaran bisnis makanan tradisional Tiwul sebagai Destinasi wisata kuliner di Gunung Kidul Jogja
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.10102Keywords:
Strategi pemasaran, kuliner tiwulAbstract
Penelitian tentang strategi pemasaran pada usaha skala besar sudah sangat banyak dilakukan, sedangkan penelitian tentang strategi pada usaha makanan tradisional masih sangat sedikit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran bisnis makanan tradisional Tiwul sebagai destinasi wisata kuliner di Gunung Kidul Jogja. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan responden penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran makanan tradisional Tiwul sebagai destinasi wisata kuliner di Daerah Gunung Kidul terdiri dari empat strategi, yaitu strategi produk, strategi harga, strategi kebersihan dan kenyamanan serta strategi promosi. Strategi produk yang digunakan pada Toko Oleh-Oleh Tiwul Kukus yaitu dengan menyediakan produk makanan tradisional yang ada di Daerah Gunung Kidul berkualitas cita rasa yang terjaga. Strategi harga yang digunakan yaitu dengan menerapkan harga yang terjangkau bagi masyarakat pada umumnya. Strategi kebersihan dan kenyamanan yang diterapkan yaitu menerapkan kebersihan pada area produksi dan kualitas makanan serta kenyamanan fasilitas toko. Karena dengan adanya kebersihan, pelanggan tidak akan khawatir lagi dalam menikmati produk yang ditawarkan. Strategi promosi yang digunakan pada Toko Oleh-Oleh Tiwul Kukus yaitu dengan cara pemasaran di semua media baik online maupun offline. Pemasaran online dilakukan dengan memanfaatkan media social sedangkan offline dilakukan dengan “jemput bola†yakni penjemputan bis ke lokasi destinasi wisata agar wisatawan tertarik untuk membeli.
References
Acara. (2020). Daerah penghasil singkong terbesar. Diakses 25 maret 2021, dari https://www.acara.co.id/2020/12/daerah-penghasil-singkong-terbesar-di.html
Accurate. (2020) . Pengertian lengkap 7P bauran pemasaran atau marketing mix, dari https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-lengkap-bauran-pemasaran/endayagunaan Aparatur Negara.
Ciputrauceo.net. (2016) . Metode pengumpulan data dalam penelitian, dari http://ciputrauceo.net
Hartono, Hendry d.k.k. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Vol. 3,No. 2:883-889.
Kalurahan Pengkok. (2016). Sejarah kabupaten Gunung Kidul. Diakses 25 maret 2021, dari https://www.pengkok-patuk.desa.id/first/artikel/125-Sejarah--Kabupaten-Gunungkidul
Kemenkeu. (2019) . memahami metode penelitian kuantitatif, dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html
Kompas.com . (2021). Pendemi ratusan ribu wisatawan kunjungi gunung kidul dalam sepekan. Diakses pada 25 maret 2021, dari https://regional.kompas.com/read/2021/01/01/18160201/pandemi-ratusan-ribu-wisatawan-kunjungi-gunung-kidul-dalam-sepekan?page=all
Lesmana, R. (2019). Analisis Strategi Bersaing PT Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang untuk Meningkatkan Penjualan. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1).
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.
Mujiburrahmad Mujiburrahmad, Analisis Nilai Tambah Industri Pengolahan Bubuk Kopi UD Ayam Merak di Desa Garot Cut kecamatan Indrajaya Kabupaten Pidie, Mujiburrahmad, Vol. 4 NO. 1, 2018.
Negriku indonesia. (2015) . Thiwul makanan tradisional dari Gunung Kidul, dari http://www.negerikuindonesia.com/2015/06/tiwul-makanan-tradisional-dari-gunung.html
Nova Sriwanda, 2017. Prospek Usahatani Kakao Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya, Mahasiswa Program Studi Magister Agribisnis Fakultas PertanianUniversitas Syiah Kuala, Sriwanda, Vol 3, No 2,
Nur Hasni Burhanuddin. 2018.Strategi Pemasaran Makanan Khas Tradisional di Kecamatan Wotu, DINAMIS - Journal of Islamic Management and Bussines Vol. 1, No.2 ,
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Wijaya, Arik Adi, 2013. Analisis Strategi Pemasaran Makanan Khas Tradisional (Studi Kasus Home Industry Rengginang Halimatus Sa’diyah Kalibaru di Kabupaten Banyuwangi, Skripsi: Fakultas Ekonomi Universitas Jember,
Yumanda, Syahreza, 2009. Strategi Pemasaran Keripik Singkong Industri Rumah Tangga Cap Kelinci di Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, Skripsi: Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.