Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Travellers Hotel Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.10151Keywords:
Fasilitas, Kepuasan Pelanggan, dan Kualitas PelayananAbstract
Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke DKI Jakarta pada tahun 2019 berjumlah 1,5 juta orang, sementara wisatawan nusantara berjumlah 20 juta orang. Semakin meningkatnya kunjungan wisatawan ke suatu obyek wisata maka salah satu yang dibutuhkan adalah jasa penginapan atau hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis pengaruh secara parsial maupun simultan antara kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan Travellers Hotel Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian adalah pelanggan yang menginap di Travellers Hotel Jakarta berjumlah 15.000 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 266 orang dengan menggunakan teknik Nonprobability sampling dengan metode Sampling incidental. Teknik analisis data menggunakan Analisis rentang skala dan Analisis jalur (Path Analysis) dan Alat analisis yang digunakan adalah software SPSS 24 for windows. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara parsial maupun simultan antara fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Travellers Hotel Jakarta.
References
Asih , R., & Soemitro, A. (2018). Pemikiran Awal Tentang Konsep Dasar Manajemen Aset Fasilitas . Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Vol. 2 (E-ISSN 2615-1847).
Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. (2018). Statistik Hotel dan Tingkat Penghunian Kamar Hotel DKI Jakarta. DKI Jakarta: BPS Provinsi DKI Jakarta.
Basit, A., & Handayani, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Allium Tangerang Hotel (Studi Eksplanatif Pada Allium Hotel Tangerang) . Jurnal Lontar Vol.6 No.2 Universitas Muhammadiyah Tangerang .
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan . Jurnal Riset Manajem
Herviani, V., & Febriansyah, A. (2016). Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Entrepreneur Academy Indonesia Bandung. Jurnal Riset Akuntansi, 23.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
“Jumlah Wisatawan Lokal dan Mancanegara†https://jakarta.tribunnews.com Diakses pada 20 April 2020, 15:34.
Karimah TH, D. S., & Sunarti. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Behavioral Intention (Survei Pada Tamu Fendi's Guest House Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.7 No.1, 21.
“Keterkaitan Usaha Perhotelan dan Pariwisata†https://www.kompasiana.com Diakses pada 16 Juni 2020, 10:45.
Moha , S., & Loindong , S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado . Jurnal EMBA , 575-584 .
Nasution, H., Fauzi, A., & Rini, E. S. (2019). The Effect Of E-Service Quality On E-Loyalty Trough E-Satisfaction On Students Of OVO Application Users At The Faculty Of Economics And Business, University Of North Sumatra, Indonesia. European Journal Of Management and Marketing Studies, 149.
Nurcahyo, R., Fitriyani, A., & Hudda, I. N. (2017). The Influence of Facility and Service Quality towards Customer Satisfaction on Customer Loyalty in Borobudur Hotel in Jakarta. Binus Business Review, Vol. 8 No. 1, 23-29.
Periyadi, Junaidi, & Maulida, N. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Travel Ijejela Banjarmasin. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 70.
Smaradhana, N. S., & Lutfie, H. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Fasilitas Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan Di The 1o1 Hotel Bandung Dago . E-Proceeding Of Applied Science : Vol.3, No.2 , 473.
Srijani, N., & Hidayat , A. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Aston Madiun Hotel & Conference Center . Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi Wiga.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susepti, A., Hamid, D., & Kusumawati, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Tamu Hotel (Studi tentang Persepsi Tamu Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 50 No. 5.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa . Yogyakarta: C.V Andi Offset.
William , & Purba , T. (2020). Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam . Jurnal EMBA Vol.8 No.1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.