E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19 Berpengaruh Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Restoran Gokana Cabang Bintaro Plaza Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.10420Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Commerce terhadap Volume Penjualan. Penelitian ini dilakukan pada Restoran Gokana cabang Bintaro Plaza Tangerang Selatan.
Metode yang digunakan metode penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Polulasi dalam penelitian ini berjumlah 1000 orang yang merupakan konsumen Restoran Gokana cabang Bintaro Plaza Tangerang Selatan dan dengan teknik sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% maka didapatkan sampel penelitian 91 responden. Lamanya waktu untuk penelitian adalah selama 3 bulan yaitu dari bulan Februari - April 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pembagian kuesioner kepada responden. Metode Analisis Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, Uji Hipotesis (uji t ) mengunakan hitungan SPSS 21.
Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara e-commerce terhadap volume penjualan dengan diperoleh persamaan regresi Y = 18,729+ 0,506X dapat diartikan bahwa apabila nanti e-commerce bertambah 1, maka nilai rata – rata volume penjualan tiap bulan akan bertambah sebesar 0,506 atau setiap nilai e-commerce bertambah 10, maka nilai rata – rata volume penjualan tiap bulan bertambah pula sebesar 5,06. nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,580 dan sesuai dengan ketentuan maka dapat disimpulkan bahwa e-commerce (X) memiliki tingkat kekuatan pengaruh yang sedang terhadap volume penjualan (Y) dan koefisien determinasi (R Square) yang diperoleh sebesar 0.336. Hal ini berarti 33,6% pengaruh e-commerce terhadap volume penjualan sedangkan sisanya 66,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Uji hipotesis atas diperoleh memperoleh t hitung > t tabel yaitu sebesar 6,493 > 1,662, maka dapat dikatakan positif, hal ini juga diperkuat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,1 . Artinya H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara e-commerce terhadap volume penjualan
Kata kunci : E-Commerce, volume penjualan.
References
Abdullah, M Ma’ruf. (2014) Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ahmadi, Candra Dan Dadang Hermawan (2013). E-Business & E-Commerce. Jakarta : ANDI OFFSET
Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian.Jakarta:n Rineka Cipta.
Asim. (2019) Pengaruh E-Commerce dan Strategi Pemasaran terhadap peningkatan penjualan pada Sophie Paris Bussines Center Nova Dwi Ayuning di Jonggol Kabupaten Bogor. Journal of Business Studies, Vol. 4, No. 2, Tahun 2019, ISSN no. 2443-3837, hal. 84-93. Jakarta : Universitas Respati Indonesia
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Handoko, Hani T. (2013). Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta : BPPE
Hasibuan , M.S. (2012) .Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara
Himawan, Asep Saefullah, Sugeng Santoso (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Journal of Informatics, Vol.1 No. 1, Mei 2014, hal. 58-59
Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2014). Manajemen Pemasaran . Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2017). E-Comerse 2016 business, technology, society (12th ed.). England: Britis Library Cataloguint-in
Laudon, K. C., Laudon, J. P., & Elragal, A. (2015). Management Information Systems. England: Person Education LTD.
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2013). Manajmen Sumber Daya Manusia Peusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mauliana, Parida (2012). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Volume Penjualan produk pada Minimarket Colour’s Mart Pekan Baru. Skripsi. Pekan Baru : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Rangkuti, Freddy. (2014). Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Rodhitullah, S.(2015). Pengantar Manajemen. Jakarta : Prestasi Pustaka Jakarta
Sa’ad, Walia Nabila (2017). Pengaruh E-Commerce terhadap Peningkatan Pendapatan Sentra Industri Keripik Pisang Bandar Lampung ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi pada Sentra Industri Keripik Pisang di Kota Bandar Lampung).Skripsi. Lampung : Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung
Santoso, Teguh (2011). Marketing Strategy. Yogyakarta : Oryza
Sari, Diyah Chandra Kartika dan Setya Chendra Wibawa. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Commerce dalam proses penjualan terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri Ngraho. Jurnal IT-EDU, Vol. 2, No. 1, tahun 2017, hal 16-23. Jurnal. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya
Sarwono, Jonathan (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu
Setyawan, I Gusti Ngurah, I Wayan Sukadana, Made Detriasmita Saientisna. (2017). Pengaruh E-Commerce terhadap Penjualan Usaha pada Industri Pakaiana Jadi di Provinsi Bali. E-Journal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, No. ISSN 2303-0178, Vol. 6, No. 12, Edisi Desember 2017 hal 2436-2461. Jurnal. Bali : Universitas Udayana
Siregar, Ir. Syofian. (2017). Metode Penelitian Kuantitif. Jakarta : PT. Fajar Interpratama Mandiri
Stanton,William J.(2012). Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto. Jakarta : Erlangga
Sucahyo, Febriawan Adi. (2014). Analisis Harga dan Promosi terhadap Volume Penjualan pada Toko Olahraga Sport Smart FIK UNY. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudaryono.(2016).Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta : ANDI
Sudjana , Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono , (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Sujarweni, V. Wiratna (2014). Metode Penelitian : Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Supangat, Andi. (2010). Statistik dalam kajian deskriptif, Inferensi dan non parametrik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Suparni, Niniek. (2009). Cyberspace Problematika Dan Antisipasi Pengaturannya. Jakarta : Sinar Grafika
Sutisna dan Pawitra. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya
Swastha, Basu dan Irawan. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty
Swastha, Basu, DH, dan Irawan. (2014). Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: Liberty
Tanjung, Iwan Faisyal (2018). Analisa Manajemen Pemasaran dalam mengembangkan Usaha Seni Kaligrafi. Skripsi. Semarang : Universitas Islam Negeri Walisongo
Tjiptono, Fandy. (2015). Brand Management & Strategy. Yogyakarta : Andi
Turban, E., et all. (2015). Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective. 8 th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall, inc.
Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa
Yulitasari, Deavy (2014). Pengaruh Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan pada Yamaha Sudirman Motor Temanggung. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Pemasaran Kompetitif is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.