E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19 Berpengaruh Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Restoran Gokana Cabang Bintaro Plaza Tangerang Selatan

Authors

  • Kris Dipayanti Universitas Pamulang
  • Bunga Astra Gracia Universitas Pamulang
  • Nufzatut saniah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.10420

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Commerce terhadap Volume Penjualan. Penelitian ini dilakukan pada  Restoran Gokana cabang Bintaro Plaza Tangerang Selatan.

              Metode yang digunakan metode penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Polulasi dalam penelitian ini berjumlah 1000 orang yang merupakan konsumen Restoran Gokana cabang Bintaro Plaza Tangerang Selatan dan dengan teknik sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% maka didapatkan sampel penelitian 91 responden. Lamanya waktu untuk penelitian adalah selama 3 bulan yaitu dari bulan Februari - April 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pembagian kuesioner kepada responden. Metode Analisis Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, Uji Hipotesis (uji t ) mengunakan hitungan SPSS 21.

              Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara e-commerce terhadap  volume penjualan  dengan diperoleh persamaan regresi Y = 18,729+ 0,506X  dapat diartikan bahwa apabila nanti e-commerce bertambah 1, maka nilai rata – rata volume penjualan tiap bulan akan bertambah sebesar 0,506 atau setiap nilai e-commerce bertambah 10, maka nilai rata – rata volume penjualan tiap bulan bertambah pula sebesar 5,06. nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,580 dan sesuai dengan ketentuan maka dapat disimpulkan bahwa e-commerce (X) memiliki tingkat kekuatan pengaruh yang sedang terhadap volume penjualan (Y) dan koefisien determinasi (R Square) yang diperoleh sebesar 0.336. Hal ini berarti 33,6% pengaruh e-commerce terhadap volume penjualan sedangkan sisanya 66,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Uji hipotesis atas diperoleh memperoleh t hitung > t tabel yaitu sebesar 6,493 > 1,662maka dapat dikatakan positif, hal ini juga diperkuat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,1 . Artinya H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara e-commerce terhadap volume penjualan

 

Kata kunci :  E-Commerce, volume penjualan.

References

Abdullah, M Ma’ruf. (2014) Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ahmadi, Candra Dan Dadang Hermawan (2013). E-Business & E-Commerce. Jakarta : ANDI OFFSET

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian.Jakarta:n Rineka Cipta.

Asim. (2019) Pengaruh E-Commerce dan Strategi Pemasaran terhadap peningkatan penjualan pada Sophie Paris Bussines Center Nova Dwi Ayuning di Jonggol Kabupaten Bogor. Journal of Business Studies, Vol. 4, No. 2, Tahun 2019, ISSN no. 2443-3837, hal. 84-93. Jakarta : Universitas Respati Indonesia

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Handoko, Hani T. (2013). Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta : BPPE

Hasibuan , M.S. (2012) .Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Himawan, Asep Saefullah, Sugeng Santoso (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Journal of Informatics, Vol.1 No. 1, Mei 2014, hal. 58-59

Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2014). Manajemen Pemasaran . Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2017). E-Comerse 2016 business, technology, society (12th ed.). England: Britis Library Cataloguint-in

Laudon, K. C., Laudon, J. P., & Elragal, A. (2015). Management Information Systems. England: Person Education LTD.

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2013). Manajmen Sumber Daya Manusia Peusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mauliana, Parida (2012). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Volume Penjualan produk pada Minimarket Colour’s Mart Pekan Baru. Skripsi. Pekan Baru : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Rangkuti, Freddy. (2014). Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Rodhitullah, S.(2015). Pengantar Manajemen. Jakarta : Prestasi Pustaka Jakarta

Sa’ad, Walia Nabila (2017). Pengaruh E-Commerce terhadap Peningkatan Pendapatan Sentra Industri Keripik Pisang Bandar Lampung ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi pada Sentra Industri Keripik Pisang di Kota Bandar Lampung).Skripsi. Lampung : Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung

Santoso, Teguh (2011). Marketing Strategy. Yogyakarta : Oryza

Sari, Diyah Chandra Kartika dan Setya Chendra Wibawa. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Commerce dalam proses penjualan terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri Ngraho. Jurnal IT-EDU, Vol. 2, No. 1, tahun 2017, hal 16-23. Jurnal. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya

Sarwono, Jonathan (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu

Setyawan, I Gusti Ngurah, I Wayan Sukadana, Made Detriasmita Saientisna. (2017). Pengaruh E-Commerce terhadap Penjualan Usaha pada Industri Pakaiana Jadi di Provinsi Bali. E-Journal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, No. ISSN 2303-0178, Vol. 6, No. 12, Edisi Desember 2017 hal 2436-2461. Jurnal. Bali : Universitas Udayana

Siregar, Ir. Syofian. (2017). Metode Penelitian Kuantitif. Jakarta : PT. Fajar Interpratama Mandiri

Stanton,William J.(2012). Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto. Jakarta : Erlangga

Sucahyo, Febriawan Adi. (2014). Analisis Harga dan Promosi terhadap Volume Penjualan pada Toko Olahraga Sport Smart FIK UNY. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudaryono.(2016).Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta : ANDI

Sudjana , Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono , (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna (2014). Metode Penelitian : Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Supangat, Andi. (2010). Statistik dalam kajian deskriptif, Inferensi dan non parametrik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Suparni, Niniek. (2009). Cyberspace Problematika Dan Antisipasi Pengaturannya. Jakarta : Sinar Grafika

Sutisna dan Pawitra. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya

Swastha, Basu dan Irawan. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Swastha, Basu, DH, dan Irawan. (2014). Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: Liberty

Tanjung, Iwan Faisyal (2018). Analisa Manajemen Pemasaran dalam mengembangkan Usaha Seni Kaligrafi. Skripsi. Semarang : Universitas Islam Negeri Walisongo

Tjiptono, Fandy. (2015). Brand Management & Strategy. Yogyakarta : Andi

Turban, E., et all. (2015). Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective. 8 th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall, inc.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa

Yulitasari, Deavy (2014). Pengaruh Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan pada Yamaha Sudirman Motor Temanggung. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2021-06-02