Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pelanggan Di Kota Batam Dalam Membeli Skincare Merek Korea.

Authors

  • Hengky Hengky Universitas Internasional Batam
  • Novianto Novianto Universitas Internasional Batam
  • Amalia Putri Yulandi Universitas Internasional Batam
  • Dandhytya Andrea Puspa Universitas Internasional Batam
  • Henly Henly Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.10434

Keywords:

Citra merek, Keputusan Pembelian, Kota Batam, Kualitas produk, Promosi online, Skincare merek Korea.

Abstract

Produk merek Korea menjadi salah satu produk yang sangat banyak digunakan pada saat ini karena budaya Korea yang sedang naik daun. Skincare merek Korea menjadi salah satu produk yang diburu oleh masyarakat Batam. Penelitian ini dibuat untuk mencari tahu pengaruh antara citra merek, promosi online, dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen dalam pembelian skincare merek Korea. Sampel dan objek yang digunakan untuk penelitian ini adalah masyarakat di Kota Batam. Metode yang kami gunakan pada penelitian ini adalah disproportionate random sampling. Jumlah sampel responden yang kami uji sebanyak 432 data dengan menggunakan metode regresi berganda. Aplikasi yang digunakan pada penelitian ini adalah IBM SPSS Statistics 24. Hasil yang kami dapatkan dalam uji hipotesis adalah terdapat pengaruh signifikan antara citra merek, kualitas produk, dan promosi online terhadap keputusan pembelian skincare merek Korea di Kota Batam. Penelitian ini bermanfaat bagi para manajer pemasaran dalam menentukan strategi dalam melakukan penjualan skincare merek Korea di Kota Batam.

References

Khan, N., Sarwar, A., & Tan, B. C. (2020). Determinants of purchase intention of halal cosmetic products among Generation Y consumers. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2019-0248

Lai, W.-H., & Vinh, N. Q. (2013). Online promotion and its influence on destination awareness and loyalty in the tourism industry. Advances in Management and Applied Economics, 3(3), 15–30.

Lee, H. M., Lee, C. C., & Wu, C. C. (2011). Brand image strategy affects brand equity after M&A. European Journal of Marketing, 45(7), 1091–1111. https://doi.org/10.1108/03090561111137624

Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pt Paragon Tehnology and Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2830

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction.

Liu, Z., & Ling, J. (2019). Research on Influencing Factors of Purchase Promotion Intention Based on Skincare Industry. Modern Economy, 10(03), 1033–1047. https://doi.org/10.4236/me.2019.103069

Madiawati, P. N., Pradana, M., & Alrasyid, L. (2018). Analysis of Celebrity Endorsement Influence on Purchase Interest: the Case Study of a Skincare Product. The EUrASEANs: Journal on Global Socio-Economic Dynamics, 3(3(10)), 44–51. https://doi.org/10.35678/2539-5645.3(10).2018.44-51

Mamun, A. Al, Nawi, N. C., Hayat, N., & Zainol, N. R. B. (2020). Predicting the purchase intention and behaviour towards green skincare products among Malaysian consumers. Sustainability (Switzerland), 12(24), 1–18. https://doi.org/10.3390/su122410663

Martinus, H., & Anggraini, L. (2018). The Effect of Sales Promotion in Social Media on the Students: Purchase Intention of Face Cleaner Water Product. Humaniora, 9(1), 15. https://doi.org/10.21512/humaniora.v9i1.4101

Nisrina, D., Widodo, I. A., Larassari, I. B., Rahmaji, F., Kinanthi, G., & Adi, H. (2020). Studi Tentang Pengaruh Budaya Korea Pada Penggemar K-Pop Diajukan untuk Melengkapi Persyaratan Mencapai Gelar Sarjana Antropologi Sosial. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 78–88.

Nurhandayani, A., Syarief, R., Syarief, R., & Najib, M. (2019). The Impact of Social Media Influencer and Brand Images to Purchase Intention. Universitas Brawijaya Journal of Applied Management (JAM), 17(4), 650–661. http://dx.

Nurvia, O., & Sarasati, B. (2021). The Influence of Beauty Vloggers on Purchasing Decisions Involving Skin Care Products. KnE Social Sciences, 2020, 65–79. https://doi.org/10.18502/kss.v4i15.8191

Pandika, Ninin S; Sagir, Junaidi; Sri, D. (2021). Pengaruh brand ambassador dan country of origin terhadap minat beli konsumen pada skin care korea. 7(1), 125–142

Prasetya, N., Santoso, A., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Corporate Image dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Produk Pada Madani Skincare Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(2), 249–264. http://ojs.unik- kediri.ac.id/index.php/jimek/article/view/583

Rani, N. S. A., & Krishnan, K. S. D. (2018). Factors that Influence Malay Students in Purchasing Skincare Products in Malaysia. Journal of Business & Retail Management Research, 13(01).

Ri’aeni, I., Suci, M., Pertiwi, M., & Sugiarti, T. (2019). 9460-Article Text-22291-1-10- 20190422.pdf. In Communications (Vol. 1, Issue 1, p. 2). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communications/article/view/9460/6798

Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M. (2018). The Effects Of Btand Image, Product Quality and Sales Promotion To Thai consumers Decisions To Purchase Korean Brand Cosmetics In Bangkok District. 67.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Wahyuni, D. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skin Care. SELL Journal, 5(1), 55.

Weenas, J. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 607–618. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2741

Downloads

Published

2021-06-01